Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS WAKTU BAKU KAPAL DI PELABUHAN PENYEBERANGAN MERAK (Studi Kasus Dermaga 4 dan 5)

Pradana, M. Fakhruriza and Bethary, Rindu Twidi and Suharyanti, Dewi (2019) ANALISIS WAKTU BAKU KAPAL DI PELABUHAN PENYEBERANGAN MERAK (Studi Kasus Dermaga 4 dan 5). Jurnal Fondasi, 8 (1). pp. 41-51. ISSN 2302-4976

[img] Text
12. Jurnal Fondasi Volume 8 No 1 April 2019.pdf

Download (413kB)
[img] Text
12. Turnitin Jurnal Fondasi Volume 8 No 1 April 2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelabuhan penyeberangan Merak merupakan pintu gerbang lalu lintas Jawa-Sumatera yang terletak di Kota Cilegon. Pelabuhan Merak saat ini memiliki 5 dermaga yang beroperasi. Pelabuhan Merak kurang mengoptimalkan penggunaan dermaga 4 dan 5, dikarenakan dermaga 4 dan 5 belum memiliki trayek tetap untuk jadwal kapal bersandar. Pengelolaan pelabuhan Merak yang tidak efektif merupakan salah satu penyebab rendahnya pelayanan. Salah satu parameter yang perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan pelayanan adalah lamanya waktu operasional yang dibutuhkan kapal di pelabuhan. Data yang digunakan adalah data primer yang merupakan hasil dari wawancara berbagai sumber dan data hasil survey waktu bongkar muat dan manuver kapal. Data sekunder adalah jadwal keberangkatan kapal, jumlah dan kapasitas kapal. Waktu baku operasional merupakan jumlah dari waktu bongkar muat dan manuver dikalikan dengan kapasitas kapal. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai waktu baku operasional kapal di Pelabuhan Merak rata-rata 62,124 menit/kapal. Dimana waktu baku dari masing-masing kapal sesuai dengan kapasitasnya adalah: kapal dengan kapasitas 20 kendaraan roda empat sebesar 54.273 menit, kapasitas 26 kendaraan roda empat sebesar 58.555 menit, kapasitas 30 kendaraan roda empat sebesar 61.410 menit, kapasitas 32 kendaraan roda empat sebesar 62.837menit, kapasitas 34 kendaraan roda empat sebesar 64.265 menit, kapasitas 35 kendaraan roda empat sebesar 64.978 menit, kapasitas 38 kendaraan roda empat sebesar 67.119 menit, kapasitas 40 kendaraan roda empat sebesar 68.547 menit. 2) Nilai rata-rata sebesar 62,124 menit/kapal menunjukkan operasional kapal di Pelabuhan Merak belum optimal karena lebih dari selang waktu keberangkatan yang ditetapkan di Pelabuhan Merak yaitu sebesar 60 menit. Kata kunci: waktu bongkar muat dan manuver kapal, waktu baku operasional, pelabuhan Merak

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Dr Rindu Twidi Bethary
Date Deposited: 02 May 2023 14:47
Last Modified: 02 May 2023 14:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/22639

Actions (login required)

View Item View Item