Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Peningkatan Keterampilan Menentukan Kalimat Utama Dalam Sebuah Paragraf Melalui Penggunaan Media Cetak Sebagai Media Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kayu Putih 05 Pagi Jakarta Timur

Moh. Fuadi, Adi (2015) Peningkatan Keterampilan Menentukan Kalimat Utama Dalam Sebuah Paragraf Melalui Penggunaan Media Cetak Sebagai Media Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kayu Putih 05 Pagi Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. Peningkatan Keterampilan Menentukan Kalimat Utama Dalam Sebuah Paragraf Melalui Penggunaan Media Cetak.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRACT ADI MOH.FUADI. 2014. skills improvement to determine Sentences In a paragraph through the use of Print as a medium of learning (Peningkatan Kemampuan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kayu Putih 05 Pagi Jakarta Timur). This study exposed background by low student learning outcomes in the Indonesian Language lesson. This research used the print media as a medium of learning and researchers was filmed inSDN KayuPutih 05 Pagi Jakarta Timur. The purpose of the researcher to be accomplished is to increase student learning outcomes in the Indonesian Language learning via the print media and improve student learning activities on the main sentence in a paragraph. This research is a study of a class act is done in two cycles, each cycle consisting of four steps: planning, action, observation, reflection. From the results of this research can be known to the average value of the student learning about using the print media to enhance student learning outcomes in the main sentence in a paragraph in the Indonesian Language learning with the result on a cycle I with an average 65,14; cycle II 85,14 and the maximum value is 100. Based on the results of the study it can be disempulkan that the existence of increased student learning outcomes from phase ketahap. From the results of the above research that use of the print media can improve student learning outcomes in the main sentence in a paragraph in the Indonesian Language learning at primary school. Kata kunci : media cetak, pembelajaran Bahasa Indonesia, peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195501181984031001
Thesis advisorSolihatumilah, Elih195903291982012002
Additional Information: ABSTRAK ADI MOH.FUADI. 2014. Peningkatan Keterampilan Menentukan Kalimat Utama Dalam Sebuah Paragraf Melalui Penggunaan Media Cetak Sebagai Media Pembelajaran (Peningkatan Kemampuan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kayu Putih 05 Pagi Jakarta Timur). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan media cetak sebagai media pembelajaran dan peneliti ini mengambil lokasi di SDN Kayu Putih 05 Pagi Jakarta Timur. Tujuan peneliti yang akan di capai adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pembelajaran Bahasa Indonesia melaui media cetak dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kalimat utama dalam sebuah paragraf. Penelitian ini merupakan penelitiantin dalan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, pada tiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dari hasi lpenelitian ini dapat diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa tentang penggunaan media cetak untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kalimat utama dalam sebuah paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan hasil pada siklus I dengan rata-rata 65,14; siklus II 85,14 dan nilai maksimal 100. Berdasarkan hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tahap ketahap. Dari hasil penelitian di atas bahwa penggunaan media cetak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kalimat utama dalam sebuah paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Kata kunci : media cetak, pembelajaran Bahasa Indonesia, peningkatan hasil belajar.
Uncontrolled Keywords: media cetak, pembelajaran Bahasa Indonesia, peningkatan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:56
Last Modified: 20 Apr 2022 13:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item