Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Duri Kepa 14 Pagi Jakarta Barat Tahun Ajaran 2013/2014)

Octavia, Erni (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Duri Kepa 14 Pagi Jakarta Barat Tahun Ajaran 2013/2014). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS V SD.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRACT Erni Octavia (2227102513). The Increasing of Social Study Result Through Pair Checks Learning Model On 5th Grader of Elementary School. This research is based on the lack of students’ learning activity and the decreasing of study result from the 5th grader of SDN (National Elementary School) Duri Kepa 14 Pagi on Social Science subject. One of the cause is their teachers only use the speech method which is unvaried or combined with another method or model, the teachers also not using any kinds of other media dan the low activity from students caused the low study result. Goal of this research is to increase the activities and students’ study result by using Pair Checks model. This research use the Class Act Research which is done on August to September in 2 rounds, each round consists of 2 meeting, each round consists of : planning, act, observation, and reflection. Based on the research which has been done, on pre-round phase the students’ studying result viewed from the average score of daily tests is 63,96 which consists of 48,3% students who failed and 51,7% who succeed the tests. On the first round, studying results show the average score of 67,86% with 41,37% failed students and 58,62% who succeed. The increasement of results showed in second round which show the average score reach 82,06% with succeed cirteria reach 93,10% which is suitable with the indicator of succeed that has been reached. Based on this research, implying that pair checks model could increase the activity and study result of Social Science Students on the history of HindiBuddha and Islam subject. Keywords : Study result, Social Science, Pair Checks Model

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri1982030032006041004
Additional Information: ABSTRAK Erni Octavia (2227102513). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Pair Checks Pada Siswa Kelas V SD. (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Duri Kepa 14 Pagi Jakarta Barat Tahun 2013/2014). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN Duri Kepa 14 Pagi pada mata pelajaran IPS. Salah satu penyebabnya adalah guru hanya menggunakan metode ceramah yang tidak divariasikan dengan metode atau model selain itu guru tidak menggunakan media dan rendahnya aktivitas siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitasdan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pair Checks. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September, sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, tiap siklus meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa pada pra siklus hasil belajar siswa dilihat dari hasil ulangan harian nilai rata-rata mencapai 63,96, terdiri dari siswa tidak tuntas belajar mencapai 48,3% dan siswa tuntas belajar mencapai 51,7% dari jumlah 29 siswa. Pada siklus I tes hasil belajar mencapai rata-rata 67,86 dengan siswa tidak tuntas mencapai 41,37% dan siswa tuntas mencapai 58,62%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II terlihat hasil belajar rata-rata siswa mencapai 82,06% kriteria ketuntasan mencapai 93,10% yang sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah dicapai. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pair checks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa IPS pada materi peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Model Pair Checks.
Uncontrolled Keywords: Study result, Social Science, Pair Checks Model Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Model Pair Checks.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:57
Last Modified: 25 Oct 2021 05:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item