Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENGISIAN DI SMK

PTM, Jahadi (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENGISIAN DI SMK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Jahadi_2284160014_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Jahadi_2284160014_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning pada materi Sistem Pengisian Kelistrikan Kendaraang Ringan di SMK, (2) Mengetahui kualitas produk bahan ajar berbasis problem based learning pada materi Sistem Pengisian dengan hasil validasi ahli media, ahli media, dan respon pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D, yang terdiri dari 4 langkah yaitu: (1) Dfine (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Dissiminate (penyebaranluasan). Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 ahli materi, 3 ahli media, dan 30 repon pengguna bahan ajar. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dan penyebaran angket menggunakan sekala likert 1-4 data hasil dari penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) mengahsilkan produk bahan ajar sistem pengisian berbasis problem based learning yang disesuaikan dengan kurikulum dan SKKNI dan (2) mendapatkan kategori “Layak” oleh ahli media sebesar “74%”, ahli materi “Sangat Layak” dengan presentase “84%”, dan hasil uji coba kepada responden pengguna mendapatkan “89%” bahan ajar ini dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan. Kata Kunci: Bahan Ajar, 4D, Sistem Pengisian

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDENI RAMDANI, SULAEMAN199003302018031001
Thesis advisorABIZAR, HARIS198610062019031008
Additional Information: ABSTRAK JAHADI. “Pengembangan Bahan Ajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pengisian di SMK”. Skripsi: Jurusan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2022 Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning pada materi Sistem Pengisian Kelistrikan Kendaraang Ringan di SMK, (2) Mengetahui kualitas produk bahan ajar berbasis problem based learning pada materi Sistem Pengisian dengan hasil validasi ahli media, ahli media, dan respon pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D, yang terdiri dari 4 langkah yaitu: (1) Dfine (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Dissiminate (penyebaranluasan). Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 ahli materi, 3 ahli media, dan 30 repon pengguna bahan ajar. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dan penyebaran angket menggunakan sekala likert 1-4 data hasil dari penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) mengahsilkan produk bahan ajar sistem pengisian berbasis problem based learning yang disesuaikan dengan kurikulum dan SKKNI dan (2) mendapatkan kategori “Layak” oleh ahli media sebesar “74%”, ahli materi “Sangat Layak” dengan presentase “84%”, dan hasil uji coba kepada responden pengguna mendapatkan “89%” bahan ajar ini dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan. Kata Kunci: Bahan Ajar, 4D, Sistem Pengisian
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahan Ajar, 4D, Sistem Pengisian Keywords: Teaching Materials, 4D, Charging System
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
Depositing User: Jahadi ptm Jahadiptm
Date Deposited: 16 Mar 2023 11:55
Last Modified: 16 Mar 2023 11:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/22498

Actions (login required)

View Item View Item