Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA

ASEP MULYAWAN, BAMBANG (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Dispos~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Bambang Asep Mulyawan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Pada Pokok Bahasan Trigonometri Untuk Siswa SMA. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, Sultan Ageng Tirtayasa. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran interaktif berbasis scientific approach untuk meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa pada pokok bahasan trigonometri. Media yang dikembangkan memiliki lima komponen, yaitu: mengamati, menanya, menalar, mencoba dan menyimpulkan. penelitian ini dilakukan sesuai prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi sesuai masukan ahli, uji coba skala terbatas, revisi sesuai hasil uji coba skala terbatas, kemudian dilakukan uji lapangan. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 6 orang siswa kelas XI SMAN 7 Kabupaten Tangerang, sedangkan uji lapangan dilakukan terhadap kelas X SMAN 7 Kabupaten Tangerang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan angket disposisi matematis siswa yang diberikan sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis scientific approach. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah; terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif, dengan gain peningkatan pemahaman konsep pada uji lapangan tergolong dalam kriteria sedang, sedangkan untuk disposisi matematis siswa mengalami peningkatan meskipun tidak optimal. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Scientific Approach, Trigonometri, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008912016
Thesis advisorSudiana, Ria198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Scientific Approach, Trigonometri, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:58
Last Modified: 25 Oct 2021 05:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2244

Actions (login required)

View Item View Item