IKHWAL FATHONI, DWI (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP TRANSFORMASI UNTUK SISWA SMP (Suatu Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas VII). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP TRANSFORMASI UNTUK SISWA SMP.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRACT DWI IKHWAL FATHONI. Devolopment of Interactive Teaching Materiasl Based Scientific Approach To The Concept of Transformation For Students in Junior High School (A Research Development). Thesis Majoring In Mathematics Education, Teacher Trainign and Education Science Faculty, University of Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 2014. This instructional material to be developed is an interactive resource that has five components, such as: observing, questioning, experimenting, reasoning, and coomunicating. This research is done based the research and development procedure. The model development in this study involves seven stages, namely: potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, product testing, and product revision. The test phase is done to some experts, namely: two mathematicians, two education experts, and two multimedia experts. Limited testing conducted on 9 students of SMPN 5 Tangerang hich is the use of interactive teaching materials based scientific approach received a positive response from students with a total percentage of 84.44% at the end of the questionnaire. This instructional material also increases students’ enthusiasm in learning and makes students more familiar with the delivery of the material presented by the translation of content summarized in the illustration and also the case which contain in the instructional materials. Keywords: Interactive Instructional Material,Scientific Approach, And Research
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK DWI IKHWAL FATHONI. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Konsep Transformasi Untuk Siswa SMP (Suatu Penelitian Pengembangan). Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 2014. Bahan ajar interaktif yang akan dikembangkan ini memiliki lima komponen, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pada tahap uji coba dilakukan kepada dua orang ahli, yaitu: ahli matematika, ahli pendidikan, dan ahli multimedia. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 9 orang siswa SMPN 5 Tangerang yaitu penggunaan bahan ajar interaktif berbasis scientific approach mendapat respon yang positif dari siswa dengan total presentase akhir angket sebesar 84,44%. Bahan ajar ini juga meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan membuat siswa lebih paham dengan penyampaian materi yang disajikan dengan penjabaran konten-konten yang terangkum dalam ilustrasi dan juga kasus yang terdapat dalam bahan ajar. Kata Kunci: Bahan ajar interaktif, scientific approach, dan penelitian pengembangan | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar interaktif, scientific approach, dan penelitian pengembangan Interactive Instructional Material,Scientific Approach, And Research Development | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:58 | |||||||||
Last Modified: | 20 Apr 2022 13:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2242 |
Actions (login required)
View Item |