Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS X SMA AL-MUNAWWAROH

HALWANAH, SITI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS X SMA AL-MUNAWWAROH. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA KON~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRACT The purpose of this research was to determine the effect of interactive learning model to the cognitive abilities and ask skill the students on the concept of ecosystem class X SMA Al-Munawwaroh 2014/2015. The method used is the method of quasi-experiment class method with randomized control group only. The study population is the entire of class X SMA Al-Munawwaroh with a sample of class X.1 class as an experiment class and X.2 class as control class. The cognitive abilities was measured using the test objective and skills assessment form for ask skill the students. Results of the research shows the average of cognitive abilities posttest experimental class students is 71.2 (good) and the average posttest control class is 58.5 (less). Based on t-test analysis obtained significant value 0.001 < 0.05, which is mean H0 is rejected. For the average value data ask skill the students in the control class of 68.9 (enough) and for the experimental class of 77.7 (good). Based on t-test analysis obtained significant value 0.003 < 0.05, which is mean H0 is rejected. The results showed that the interactive learning model can affect the cognitive abilities and ask skill the students on the concept of the ecosystem. Keywords: model of interactive learning, cognitive ability, skill ask the student, ecosystem

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Thesis advisorGia Syauqiyah Fitri, Siti198107302006042002
Additional Information: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan bertanya siswa pada konsep ekosistem di kelas X SMA Al-Munawwaroh tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain randomized control group only dan menggunakan populasi siswa kelas X SMA Al-Munawwaroh. Sampel penelitian adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda dan lembar penilaian keterampilan bertanya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan kognitif postest siswa kelas eksperimen yaitu 71,2 (baik) dan nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol yaitu 58,5 (kurang). Berdasarkan analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,05 yang berarti H0 ditolak. Untuk data nilai rata-rata keterampilan bertanya siswa pada kelas kontrol sebesar 68,9 (cukup) sedangkan kelas eksperimen sebesar 77,7 (baik). Berdasarkan analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,003<0,05 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran interaktif terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan bertanya siswa pada konsep ekosistem. Kata kunci : ekosistem, kemampuan kognitif, keterampilan bertanya siswa, model pembelajaran interaktif
Uncontrolled Keywords: ekosistem, kemampuan kognitif, keterampilan bertanya siswa, model pembelajaran interaktif model of interactive learning, cognitive ability, skill ask the student, ecosystem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:05
Last Modified: 20 Apr 2022 13:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item View Item