Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI SMAN 1 BAROS

Ramadhan, Dhita (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI SMAN 1 BAROS. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI SMAN 1~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRACT This research was aimed to know the influence of method problem solving toward students’ cognitive ability in respiratory system concept. This research is quasi experimental that used Randomized Control Group Only Design. The population was all XI IPA grade students of SMA Negeri 1 Baros /Senior High School Baros in academic year 2013/2014. The research sample was divided into two classes i.e. class XI IPA 1 as experiment class and class XI IPA 2 as control class. Simpel Random Sampling was applied as sampling technique. Data collecting technique used cognitive ability test such as multiple choice questions. The result of hypothesis test about the influence of using method problem solving toward students’ cognitive ability based on T-test analysis can be gained that T-test calculation was in significant level at α = 0,05 that obtained value 0,000. Based on the result of the research, it can be concluded that there are influences of method problem solving toward students’ cognitive ability in respiratory system concept. Key words: method problem solving, cognitive ability, respiratory system concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAmelia, Evi197207272005012001
Thesis advisorSuratmi, Suratmi198212032009122002
Additional Information: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep sistem pernapasan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kels XI di SMAN 1 Baros semester II tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan kognitif berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tingkat signifikan α = 0,05 diperoleh nilai 0,000, hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap kemampuan kognitif siswa dengan rata-rata sebesar 73,8 dengan kategori baik pada konsep sistem pernapasan. Kata kunci: Metode pemecahan masalah, kemampuan kognitif, konsep sistem pernapasan.
Uncontrolled Keywords: Metode pemecahan masalah, kemampuan kognitif, konsep sistem pernapasan. method problem solving, cognitive ability, respiratory system concept.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:05
Last Modified: 25 Oct 2021 06:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item