PRATIWI, ANGGITA (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK DAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK DAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN S.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK DAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA SERANG Oleh Anggita Pratiwi NIM 2222100618 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang?”, “Bagaimanakah pengaruh penggunaan media video klip terhadap kemampuan menulis cerpen siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang?”, “ Bagaimana perbedaan pemelajaran menulis dengan menggunakan media film pendek dan video klip terhadap kemampuan menulis cerpen di kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang?”. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMKN 1 Kota Serang, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua kelas dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AK 5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 59,86 dan pada saat posttest menjadi 72,97 atau mengalami peningkatan sebesar 13,11 poin di kelas eksperimen, sedangkan peningkatan nilai di kelas kontrol pada saat pretest sebesar 57, 29 dan pada saat posttest menjadi 61,69 atau mengalami peningkatan sebesar 4,4 poin. Sementara itu terdapat perbedaan antara pengaruh media film pendek dengan media video klip terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang. Perbedaan tersebut nyata terlihat dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 72,97 > 61,69 yang terpaut sebesar 11,28 poin. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media film pendek berpengaruh besar terhadap pemelajaran menulis cerpen dibandingkan dengan menggunakan media video klip. Kata Kunci : pengaruh, film pendek, video klip, pembelajaran menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, film pendek, video klip, pembelajaran menulis cerpen. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 06:06 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:06 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2224 |
Actions (login required)
View Item |