Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE MEDIA ONLINE DALAM PERSPEKTIF MEDIAMORFOSIS (Studi Kasus pada Perubahan Majalah Hai menjadi Hai Online)

DWINANDA, LILIAN (2017) TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE MEDIA ONLINE DALAM PERSPEKTIF MEDIAMORFOSIS (Studi Kasus pada Perubahan Majalah Hai menjadi Hai Online). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE MEDIA ONLINE DALAM PERSPEKTIF MEDIAMORFOSIS (Studi Kasus pada Perubahan Majalah Hai menjadi Hai Online).pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Media into Online Media in Mediamorphosis Perspective (Case Study in the Transformation of HAI Magazine into HAI Online). Darwis Sagita, M.I.Kom.; Husnan Nurjuman, S.Ag., M.Si. The thing that never changed from communication media is the fact that media should always be developed, or the only other reason is to die. Technology, basically has a contribution in creating diversities in media development, and that is one characteristic in new media environment. Media development can cause a mediamorphosis, which is a communication media transformation phenomenon that caused by the existence of complicated interplay between perceived needs, competitive pressures and politic, and also various social and technology innovation. The use of internet based new media nowadays is increasingly widespread being used by mass media industry as a mean of disseminating information. HAI Magazine, as one of big mass media industries in Indonesia that already established for 40 years old as a print media, in the last June 2017 did a platform change from print media into online media (internet based). The aim of this research is to find out the background, stages of process, and HAI mass media new characteristics in mediamorphosis perspective. The researcher uses New Media theory by Pierre Levi that discussed about media development, from the content to the form of the media itself. So, the researcher uses qualitative approach with constructivist paradigm to make this research’s result can be explained descriptively. Based on the result of the research, the background, the stages of process, and the new characteristic of media transformation that have been done by HAI is appropriate with mediamorphosis key principle. The technology development that creates the birth of a new form of old communication media begin from three concepts, they are coevolution, complexity, and convergence.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSagita, DarwisUNSPECIFIED
Thesis advisorNurjuman, HusnanUNSPECIFIED
Additional Information: Media Online Dalam Perspektif Mediamorfosis (Studi Kasus Pada Perubahan Majalah HAI Menjadi HAI Online). Darwis Sagita, M.I.Kom; Husnan Nurjuman., S.Ag., M.Si. Hal yang tidak pernah berubah dari media komunikasi adalah fakta bahwa media harus terus berkembang, atau satu-satunya alasan lain adalah mati. Teknologi, pada dasarnya memiliki kontribusi dalam menciptakan keberagaman perkembangan media, dan hal tersebut merupakan salah satu ciri dalam lingkungan media baru. Perkembangan media dapat mengakibatkan adanya mediamorfosis, yang merupakan fenomena transformasi media komunikasi yang disebabkan karena adanya interplay rumit antara berbagai kebutuhan yang dirasakan, tekanan persaingan dan politik, serta berbagai inovasi sosial dan teknologi. Penggunaan media baru berbasis internet kini kian marak dimanfaatkan industri media massa sebagai sarana penyebaran informasi. Majalah HAI, sebagai salah satu industri media massa besar di Indonesia yang sudah beroperasi selama 40 tahun sebagai media cetak, pada bulan Juni 2017 lalu melakukan perubahan bentuk platform dari media cetak ke media online (berbasis internet). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang, tahapan proses yang dilakukan, serta karakterisitik baru media massa HAI dalam perspektif mediamorfosis. Dengan ini peneliti menggunakan teori Media Baru milik Pierre Levi yang membahas soal perkembangan media, mulai dari isi hingga bentuk media tersebut. Sehingga peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis, agar hasil penelitian bisa dijelaskan secara deskriptif. Berdasarkan hasil dari penelitian, bahwa latar belakang, tahapan proses, hingga karakteristik baru atas transformasi media yang dilakukan HAI, sesuai dengan prinsip kunci mediamorfosis. Bahwa perkembangan teknologi yang menghasilkan kelahiran sebuah bentuk baru dari media komunikasi lama, berasal dari tiga konsep, yaitu koevolusi, kompleksitas, dan konvergensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:57
Last Modified: 07 Oct 2021 04:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item View Item