Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI DESA TELUK KECAMATAN LABUAN KABUPATEN PANDEGLANG

Ramdani, A. Rizki (2023) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI DESA TELUK KECAMATAN LABUAN KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Skripsi)
A. Rizki Ramdani_6661180144_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
A. Rizki Ramdani_6661180144_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
A. Rizki Ramdani_6661180144_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
A. Rizki Ramdani_6661180144_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
A. Rizki Ramdani_6661180144_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
A. Rizki Ramdani_6661180144_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
A. Rizki Ramdani_6661180144_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
A. Rizki Ramdani_6661180144_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap warga negara berhak mendapatkan tempat tinggal dan lingkungan hidup yang baik, maraknya pemukiman kumuh, membuat pemerintah lebih jeli, maka dari itu pemerintah mengeluarkan kebijakan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) sebagai pengganti program PNPM mandiri, namun dalam berjalannya program ini, belum adanya penelitian yang menfokuskan pada evaluasi Program Kotaku di Desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana Evaluasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Di Desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Program ini bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar demi mendukung terwujudnya permukiman yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. Dalam penelitian ini peneliti memilih menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teori yang digunakan adalah teori evaluasi oleh Willam N Dunn (2003:610), yang terdiri dari 6 indikator yaitu: efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program KOTAKU di Desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang telah berhasil mengurangi wilayah kumuh di Desa Teluk, akan tetapi secara keseluruhan program KOTAKU di Desa Teluk belum berjalan optimal dikarenakan banyaknya permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan kebijakan yang di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu yang menyebabkan lambatnya perubahan perilaku yang terjadi dalam lingkungan masyarakat baik dari Sumber daya manusia yang terbatas, kurangnya kegiatan pemicuan dan sosialisasi, anggaran yang terbatas, hambatan dan tantangan baik dari pelaksana kebijakan ataupun dari penerima manfaat kebijakan. oleh karena itu, pemerintah kabupaten Pandeglang harus lebih konsisten untuk menangani permasalahan wilayah kumuh dalam lingkungan masyarakat dan masyarakat harus lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga dan memelihara infrastruktur yang telah di bangun oleh pemerintah melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Kata Kunci : Evaluasi, Implementasi, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYulianti, Rina197407052006420011
Thesis advisorAt'oullah, At'oullah19680362002121001
Additional Information: Setiap warga negara berhak mendapatkan tempat tinggal dan lingkungan hidup yang baik, maraknya pemukiman kumuh, membuat pemerintah lebih jeli, maka dari itu pemerintah mengeluarkan kebijakan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) sebagai pengganti program PNPM mandiri, namun dalam berjalannya program ini, belum adanya penelitian yang menfokuskan pada evaluasi Program Kotaku di Desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana Evaluasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Di Desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Program ini bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar demi mendukung terwujudnya permukiman yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. Dalam penelitian ini peneliti memilih menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teori yang digunakan adalah teori evaluasi oleh Willam N Dunn (2003:610), yang terdiri dari 6 indikator yaitu: efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program KOTAKU di Desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang telah berhasil mengurangi wilayah kumuh di Desa Teluk, akan tetapi secara keseluruhan program KOTAKU di Desa Teluk belum berjalan optimal dikarenakan banyaknya permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan kebijakan yang di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu yang menyebabkan lambatnya perubahan perilaku yang terjadi dalam lingkungan masyarakat baik dari Sumber daya manusia yang terbatas, kurangnya kegiatan pemicuan dan sosialisasi, anggaran yang terbatas, hambatan dan tantangan baik dari pelaksana kebijakan ataupun dari penerima manfaat kebijakan. oleh karena itu, pemerintah kabupaten Pandeglang harus lebih konsisten untuk menangani permasalahan wilayah kumuh dalam lingkungan masyarakat dan masyarakat harus lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga dan memelihara infrastruktur yang telah di bangun oleh pemerintah melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Kata Kunci : Evaluasi, Implementasi, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Evaluasi, Implementasi, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Keywords: Evaluation, Implementation, City Without Slums Program (KOTAKU
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: A. Rizki Ramdani
Date Deposited: 13 Mar 2023 15:45
Last Modified: 13 Mar 2023 15:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/22201

Actions (login required)

View Item View Item