Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN TELEVISI KACANG GARUDA EDISI KEMASAN BATIK (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Bani Fadhil Muhammad, Tubagus (2017) REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN TELEVISI KACANG GARUDA EDISI KEMASAN BATIK (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN TELEVISI KACANG GARUDA EDISI KEMASAN BATIK (Analisis Semiot.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tubagus Bani Fadhil Muhammad. NIM 6662120609. Undergraduate Thesis. Representation of Nationalism in Television Advertising of Kacang Garuda Batik Packaging Edition (Charles Sanders Peirce Semiotic Analysis). Communication Studies, Faculty of Social and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 2017. Dr. Rd. Nia Kania K. S.Ip., M.Si.; Ronny Yudhi Septa Priana, S.I.Kom., M.Si. The existence of television advertising is very effective to catch attention. However, nowadays there’s only slightly from the domestic manufacturers that carry the message of nationalism. Kacang Garuda television advertising of batik edition package featuring Indonesian culture. The purpose of this research is to determine representation of nationalism in the advertisement. Meanwhile this research also uses a semiotic analysis of Peirce consist of Sign, Object, Interpretant. The method used is qualitativeconstructivist paradigm, with the unit of analysis selected by referring to the message of nationalism. As the result, Sign shown by the pride of batik as Indonesian culture, tolerance and unity between religions and ethnic, and not forgetting Indonesia as a homeland. Object in advertising including batik, agricultural products such as Indonesian peanuts, mother and father figure in the family, eastern Indonesia and chinese descent, as well as the logo of Garuda bird. While interpretant shown by selected scenes played by each casts, batik, peanut, red-white attributes, snake and ladders traditional game, and Garuda bird. The conclusion of this study that the representation of nationalism are shown in every scenes which shows love for Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKania Kurniawati, NiaUNSPECIFIED
Thesis advisorYudhi Septa Priana, RonnyUNSPECIFIED
Additional Information: Tubagus Bani Fadhil Muhammad. NIM 6662120609. Skripsi. Representasi Nasionalisme dalam Iklan Televisi Kacang Garuda Edisi Kemasan Batik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017. Dr. Rd. Nia Kania K. S.Ip., M.Si.; Ronny Yudhi Septa Priana, S.I.Kom., M.Si. Keberadaan iklan televisi sangat efektif untuk menarik perhatian. Namun, saat ini hanya sedikit iklan yang membawa pesan nasionalisme. GarudaFood menghadirkan Kacang Garuda edisi kemasan batik. Iklan televisi Kacang Garuda edisi kemasan batik berisi serangkaian adegan yang menampilkan budaya Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui represesntasi nasionalisme dalam iklan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Peirce Sign, Object, Interpretant. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Unit analisis dipilih berdasarkan pesan nasionalisme. Hasil penelitian Sign kebanggaan terhadap budaya Indonesia yaitu batik, kebersamaan diantara anggota keluarga, toleransi dan persatuan antar suku dan agama, serta tidak melupakan Indonesia sebagai tanah air. Object dalam iklan diantaranya dalam iklan diantaranya motif batik, produk pertanian berupa kacang tanah yang berasal dari Indonesia, Ibu dan Ayah dalam keluarga, orang Indonesia timur dan keturunan tionghoa, serta logo burung Garuda. Sementara Interpretant ditunjukkan oleh adegan yang diperankan oleh masing-masing pemeran iklan, batik, kacang kulit, permainan tradisional ular tangga, atribut merah putih, dan burung garuda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah representasi nasionalisme ditunjukkan dalan setiap adegan iklan yaitu menunjukkan rasa cinta terhadap Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:37
Last Modified: 07 Oct 2021 04:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item