SUPRIYATININGSIH, ATING (2015) PENGARUH PENDEKATAN LEARNING DEMAND TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMPN 2 CIOMAS. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PENGARUH PENDEKATAN LEARNING DEMAND TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMPN 2 CIOMAS.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRACT This research was aimed to know the ability of student’s communication by using learning demand in human circulatory system concept. This research measured both oral and written communication. This research was quasy experiment which used post test only control group design. Learning demand was as independent variable and students’ communication ability as dependent variable. The population was students of 8 th grade at SMPN 2 CIOMAS. The sample of this research consisted of 8 th A as control class and 8 th B as experimental class, taken by random sampling technique. The data collecting technique used essay test and observation sheets. The hypotheses were analyzed by t-test. The t-test for oral communication was 10.98 and the score for written communication was 11.11. It can be concluded that learning demand has influenced student’s communication ability in human circulatory system concept. Keywords: learning demand, Student’s communication ability, and human circulatory system.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa dengan menggunakan pendekatan learning demand pada konsep sistem peredaran darah manusia, yang diukur dalam penelitian ini adalah komunikasi lisan dan komunikasi tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian post test only control group design, pendekatan learning demand sebagai variabel bebas dan kemampuan komunikasi siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada SMPN 2 CIOMAS . Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII.A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan lembar observasi, teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pengaruh pendekatan learning demand terhadap kemampuan komunikasi siswa, diperoleh nilai t hitung 10.98 untuk komunikasi lisan, sedangkan untuk komunikasi tulisan diperoleh t hitung 11.11 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh pendekatan learning demand terhadap kemampuan komunikasi siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. Kata kunci: Pendekatan learning demand, kemampuan komunikasi siswa dan sistem peredaran darah manusia | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan learning demand, kemampuan komunikasi siswa dan sistem peredaran darah manusia learning demand, Student’s communication ability, and human circulatory system. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 06:12 | |||||||||
Last Modified: | 20 Apr 2022 13:37 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2207 |
Actions (login required)
View Item |