Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU TERHADAP SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AL-KAUTSAR KOTA CILEGON

Wahyuni, Sri (2023) KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU TERHADAP SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AL-KAUTSAR KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU TERHADAP SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AL-KAUTSAR KOTA CILEGON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_REFF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
Sri Wahyuni_6662150094_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sri Wahyuni. NIM 6662150094. Skripsi. KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU TERHADAP SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AL-KAUTSAR KOTA CILEGON. Pembimbing I: Ronny Yudhi Septa Priana, M.Si. dan Pembimbing II: Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak tunarungu sangat dapat membantu dan memotivasi mereka untuk terus memenuhi tugas perkembangannya dan berkomunikasi dengan lancar dengan orang-orang di sekitarnya tanpa merasa minder dengan anak normal. Diketahui sekitar 60% penyandang tunarungu tidak bekerja atau berakhir dalam kategori menganggur setelah lulus sekolah karena tidak percaya diri. Penelitian ini membahas tentang komunikasi antar pribadi guru dengan siswa tunarungu dalam membentuk rasa percaya diri di kalangan siswa di kota Sekolah Khusus Al-Kautsar Cilegon. Penelitian ini menggunakan teori akomodasi komunikasi Giles yang berisikan 3 poin utama yaitu konvergensi, divergensi dan akomodasi berlebihan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivisme dengan pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Konvergensi: menggunakan bahasa isyarat, komunikasi total, oral dan gestur tubuh. (2) Divergensi: memberikan perlakukan sebelum proses pembelajaran berlangsung seperti menyapa siswa tunarungu, menanyakan kabar dan keadaan siswa, menjelaskan kesepakatan kontrak belajar yang mengikat dan mengatur perilaku siswa agar taat aturan. (3) Akomodasi berlebihan: tidak ditemukan upaya guru untuk melakukan akomodasi berlebihan pada siswa tunarungu, tetapi guru memberikan pendekatan kepada siswa saat pembelajaran berlangsung di dalam dan diluar kelas. Guru memberi semangat kepada siswa tunarungu pada setiap kegiatan yang bertujuan untuk membangun keterbukaan antara guru dan siswa tunarungu. Kata kunci: Komunikasi Antar pribadi, Guru, Siswa Tunarungu, Akomodasi Komunikasi, Percaya Diri, Konvergensi, Divergensi, Akomodasi Berlebihan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSepta Priana, Ronny Yudhi198009242014041001
Thesis advisorRestu H., Uliviana198107172006042003
Subjects: Communication > Science Journalism
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 13 Mar 2023 14:10
Last Modified: 13 Mar 2023 14:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/22053

Actions (login required)

View Item View Item