Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH FILM NLA TERHADAP SIKAP KARYAWAN (Survei Sikap Karyawan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang Tentang Budaya 6S/6R)

Safitri, Fawinda Eka and Mukhroman, Iman and Setyorini, Deviani (2012) PENGARUH FILM NLA TERHADAP SIKAP KARYAWAN (Survei Sikap Karyawan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang Tentang Budaya 6S/6R). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM - FAWINDA EKA SAFITRI - 2012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Fawinda Eka Safitri. NIM. 072936. Skripsi. Pengaruh Film NLA dalam Mempengaruhi Sikap Karyawan (Survei Sikap Karyawan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang Tentang Budaya 6S/6R) Sebagai perusahaan yang menggunakan media komunikasi audio visual film dalam mensosialisasikan budaya perusahaannya, PT. Indah Kiat Pulp & Paper mengalami perubahan sikap pada karyawannya mengenai budaya 6S/6R. Media komunikasi audio visual film yang digunakan adalah media komunikasi NLA (New Life Activity) yang disosialisasikan sejak tahun 2005. Perubahan sikap yang terjadi menjadikan landasan bagi penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh film NLA dalam mempengaruhi sikap karyawan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cultural norms theory (teori norma budaya), dimana media memiliki pengaruh secara potensial dalam menciptakan norma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sifat penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang, dengan menggunakan teknik penarikan sampel proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara media komunikasi audio visual : NLA dalam mempengaruhi sikap karyawan mengenai budaya 6S/6R sebesar 76,9%. Dengan pengaruh yang diberikan efektivitas media komunikasi audio visual terhadap sikap karyawan mengenai budaya 6S/6R yang diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 59,2%. Apabila dilihat dari sikap yang terdiri dari dimensi kognitif, afektif dan konatif, sikap karyawan mengenai budaya 6S/6R sudah mencapai aspek konatif, dimana sebagian besar karyawan memiliki kecenderungan untuk menerapkan budaya 6S/6R tersebut. Untuk aspek kognitif (pengetahuan) dan afektif (perasaan) juga mendapatkan respon positif dari sebagian besar karyawan, terutama aspek kognitif (pengetahuan). Oleh karena itu peneliti menyarankan agar kelangsungan penggunaan film NLA harus tetap dipertahankan dan diperhatikan kualitasnya.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Fawinda Eka Safitri. NIM. 072936. Thesis. The Impact of NLA film in Influencing Employees Attitudes of PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang. As a corporate using audio visual film communication media in order to publish the company culture, PT. Indah Kiat Pulp & Paper had an employees' attitude change about the 6S/6R culture. Audio-visual film communication media used is NLA (New Life Activity) communication media which has been published since 2005. Attitude change that happened is the main background to compile this research, to know about NLA film within influencing employees' attitude. Theory used in this research is cultural norms theory, where media has potential influence to create norms. This research uses quantitative approach, with explanative character. Data collection techniques used by distributing questionnaires. The sample in this research were employees of PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang, by using sampling techniques proportionate stratified random sampling. The results showed a correlation between audio visual communications media: NLA in influencing employees' attitudes regarding cultural 6S/6R of 76.9%. With the impact that the effectiveness of audio-visual communication media on the attitudes of employees regarding 6S/6R culture obtained from the calculation of the coefficient of determination is equal to 59.2%. When viewed from the attitude that consists of the dimensions of cognitive, affective and conative, employee attitudes about the culture had reached 6S/6R conative aspect, where most employees have a tendency to apply the 6S/6R culture. For the cognitive (knowledge) and affective (feeling) also get a positive response from most employees, particularly cognitive (knowledge). Therefore, researcher suggest that continued use of NLA film must be maintained and cared for their quality.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Feb 2013 02:28
Last Modified: 07 Jun 2013 02:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item