Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS I BANTEN

PRIHANDINI, DIAN and Fuad, Anis and Handayani, Riny (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS I BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS I BANTEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

The focus of research is the Effect of Implementation of the Quality Management Information System Services In Kesyahbandaran Office and the Port Authority of Class I Banten. The purpose of this study is how much influence the implementation of information management systems to enhance service quality in Kesyahbandaran Office and the Port Authority of Class I Banten. The theory used to determine the Application of Information Management System is the theory of information systems proposed by Kadir consisting of five indicators, namely, hardware, software, procedures, users and data base. While to know the quality of public services, the authors used the indicators raised by Sutanto, physical evidence (tangiables), reliability, responsiveness, assurance and empathy. The method used is a survey research methods with quantitative approach. The population in this study is an international shipping agent in Kesyahbandaran Office and the Port Authority of Class I Banten totaling 92 shipping agents. The sample used is nonprobability sampling with sampling used was saturated sampling as many as 92 people. To analyze the data using product moment correlation test, test the coefficient of determination and linear regression analysis. Based on the research that has been done obtained significant results from the application of management's system information quality services. This can be evidenced by the acquisition of a percentage of 37.9%. Amounted to 37.9% which means that service quality is influenced by application information management system while the rest influenced by other factors. Additionally, 0:00 evidenced by the significant value of <0.05, Ho is rejected and Ha accepted, meaning that there is influence between the application of information systems to service quality in Kesyahbandaran Office and the Port Authority of Class I Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFuad, AnisUNSPECIFIED
Thesis advisorHandayani, RinyUNSPECIFIED
Additional Information: Fokus peneltian adalah Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten. Tujuan penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh penerapan sistem informasi manajemen terhadap peningkatan kualitas pelayanan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten. Teori yang digunakan untuk mengetahui Penerapan Sistem Informasi Manajemen adalah teori sistem informasi yang dikemukakan oleh Kadir yang terdiri dari lima indikator yaitu, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), prosedur, pengguna dan data base. Sedangkan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik, penulis menggunakan indikator yang dikemukan oleh Sutanto yaitu, bukti fisik (tangiables), keandalan (reliability), daya tanggap (responsivinnes), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah agen pelayaran di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten yang berjumlah 92 agen pelayaran. Sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu sebanyak 92 orang. Untuk menganalisis data menggunakan uji korelasi product moment, uji koefesien determinasi dan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yang signifikan dari penerapan sisitem infromasi manajemen terhadap kulaitas pelayanan. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan persentase sebesar 37.9%. Yang artinya sebesar 37.9% kualitas pelayanan dipengaruhi oleh penberapan sistem informasi manajemen sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Selain itu, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara penerapan sistem informasi dengan kualitas pelayanan di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:15
Last Modified: 09 May 2023 13:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item