Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI SMA

MUHAMAD, HANIEF (2023) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan komik digital dan kelayakan penggunaannya sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi penelitian dan pengembangan, serta model pengembangan Borg & Gall. Pembuatan komik digital dilakukan menggunakan aplikasi Photoshop, Corel Draw, Canva, Ibis Paint, dan Clip Studio Paint. Komik digital yang telah dibuat, diunggah ke situs flipbook dan diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi. Media komik digital mendapat kategori sangat layak oleh kedua ahli dengan kelayakan 87% oleh ahli media dan 92% oleh ahli materi. Hasil uji coba terbatas pada 40 siswa kelas 11 IPA SMA Negeri 1 Cikeusal memperoleh kelayakan 89% dan mendapat kategori sangat layak. Secara keseluruhan, media pembelajaran komik digital dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran Biologi materi peredaran darah manusia. Komik digital diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan dapat menambah variasi atau pilihan media pembelajaran bagi guru terutama pada mata pelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRIYANI, MILA ERMILA197509192003122002
Thesis advisorMARYANI, NANI198307292008122001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan komik digital dan kelayakan penggunaannya sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi penelitian dan pengembangan, serta model pengembangan Borg & Gall. Pembuatan komik digital dilakukan menggunakan aplikasi Photoshop, Corel Draw, Canva, Ibis Paint, dan Clip Studio Paint. Komik digital yang telah dibuat, diunggah ke situs flipbook dan diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi. Media komik digital mendapat kategori sangat layak oleh kedua ahli dengan kelayakan 87% oleh ahli media dan 92% oleh ahli materi. Hasil uji coba terbatas pada 40 siswa kelas 11 IPA SMA Negeri 1 Cikeusal memperoleh kelayakan 89% dan mendapat kategori sangat layak. Secara keseluruhan, media pembelajaran komik digital dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran Biologi materi peredaran darah manusia. Komik digital diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan dapat menambah variasi atau pilihan media pembelajaran bagi guru terutama pada mata pelajaran Biologi.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: komik digital, media pembelajaran, peredaran darah Keywords: circulatory system, digital comic, learning media
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Hanief Muhamad
Date Deposited: 13 Mar 2023 16:39
Last Modified: 13 Mar 2023 16:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21868

Actions (login required)

View Item View Item