MUHAMAD, HANIEF (2023) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_01.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_02.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_03.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_04.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_05.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhamad Hanief_2224170045_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan komik digital dan kelayakan penggunaannya sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi penelitian dan pengembangan, serta model pengembangan Borg & Gall. Pembuatan komik digital dilakukan menggunakan aplikasi Photoshop, Corel Draw, Canva, Ibis Paint, dan Clip Studio Paint. Komik digital yang telah dibuat, diunggah ke situs flipbook dan diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi. Media komik digital mendapat kategori sangat layak oleh kedua ahli dengan kelayakan 87% oleh ahli media dan 92% oleh ahli materi. Hasil uji coba terbatas pada 40 siswa kelas 11 IPA SMA Negeri 1 Cikeusal memperoleh kelayakan 89% dan mendapat kategori sangat layak. Secara keseluruhan, media pembelajaran komik digital dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran Biologi materi peredaran darah manusia. Komik digital diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan dapat menambah variasi atau pilihan media pembelajaran bagi guru terutama pada mata pelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan komik digital dan kelayakan penggunaannya sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi penelitian dan pengembangan, serta model pengembangan Borg & Gall. Pembuatan komik digital dilakukan menggunakan aplikasi Photoshop, Corel Draw, Canva, Ibis Paint, dan Clip Studio Paint. Komik digital yang telah dibuat, diunggah ke situs flipbook dan diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi. Media komik digital mendapat kategori sangat layak oleh kedua ahli dengan kelayakan 87% oleh ahli media dan 92% oleh ahli materi. Hasil uji coba terbatas pada 40 siswa kelas 11 IPA SMA Negeri 1 Cikeusal memperoleh kelayakan 89% dan mendapat kategori sangat layak. Secara keseluruhan, media pembelajaran komik digital dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran Biologi materi peredaran darah manusia. Komik digital diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan dapat menambah variasi atau pilihan media pembelajaran bagi guru terutama pada mata pelajaran Biologi. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: komik digital, media pembelajaran, peredaran darah Keywords: circulatory system, digital comic, learning media | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Mr Hanief Muhamad | |||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 16:39 | |||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 16:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21868 |
Actions (login required)
View Item |