Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS MATEMATIS SISWA SMP

mulyawan, muhammad ihsan (2023) EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
M IhsanMulyawan_2225180093_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
M Ihsan MUlyawan_2225180093_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
M IhsanMulyawan_2225180093_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
M Ihsan MUlyawan_2225180093_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK M.Ihsan Mulyawan (NIM: 2225180093) Efektifitas Pendekatan Open ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP. Skripsi Jurusan Pendiidkan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtaysa 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berfikir matematis siswa SMP Sehingga perlunya model pembelajaran yang dapat mendukung untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu cara yang diyakini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu dengan menggunakan Pendekatan open ended. Tujuan penelitiannya adalah untuk melihat efektifitas pendekatan open ended pada mata pelajaran Matematika dalam peningkatan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-ekperimental dengan jenis one grup pretest - posttest design. Populasi penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Majasari tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yakni kelas VII. B sebagai populasi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan berpikir HOTS matematis. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah pencapaian pendekatan Open ended efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tinggi (HOTS), hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi nilai pretest yang baik dan setelah posttest menjadi sangat baik. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir HOTS Matematika, Pendekatan Open ended.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Thesis advisorHADI, CECEP ANWAR198101052008121001
Additional Information: ABSTRAK M.Ihsan Mulyawan (NIM: 2225180093) Efektifitas Pendekatan Open ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP. Skripsi Jurusan Pendiidkan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtaysa 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berfikir matematis siswa SMP Sehingga perlunya model pembelajaran yang dapat mendukung untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu cara yang diyakini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu dengan menggunakan Pendekatan open ended. Tujuan penelitiannya adalah untuk melihat efektifitas pendekatan open ended pada mata pelajaran Matematika dalam peningkatan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-ekperimental dengan jenis one grup pretest - posttest design. Populasi penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Majasari tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yakni kelas VII. B sebagai populasi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan berpikir HOTS matematis. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah pencapaian pendekatan Open ended efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tinggi (HOTS), hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi nilai pretest yang baik dan setelah posttest menjadi sangat baik. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir HOTS Matematika, Pendekatan Open Ended
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: mr MUHAMAD IHSAN MULYAWAN
Date Deposited: 17 Feb 2023 16:29
Last Modified: 17 Feb 2023 16:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item