mulyawan, muhammad ihsan (2023) EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
M IhsanMulyawan_2225180093_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_01.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
|
Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_02.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_03.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
M Ihsan MUlyawan_2225180093_04.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
M IhsanMulyawan_2225180093_05.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
Text
M Ihsan MUlyawan_2225180093_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
M Ihsan Mulyawan_2225180093_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
Abstract
ABSTRAK M.Ihsan Mulyawan (NIM: 2225180093) Efektifitas Pendekatan Open ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP. Skripsi Jurusan Pendiidkan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtaysa 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berfikir matematis siswa SMP Sehingga perlunya model pembelajaran yang dapat mendukung untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu cara yang diyakini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu dengan menggunakan Pendekatan open ended. Tujuan penelitiannya adalah untuk melihat efektifitas pendekatan open ended pada mata pelajaran Matematika dalam peningkatan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-ekperimental dengan jenis one grup pretest - posttest design. Populasi penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Majasari tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yakni kelas VII. B sebagai populasi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan berpikir HOTS matematis. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah pencapaian pendekatan Open ended efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tinggi (HOTS), hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi nilai pretest yang baik dan setelah posttest menjadi sangat baik. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir HOTS Matematika, Pendekatan Open ended.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK M.Ihsan Mulyawan (NIM: 2225180093) Efektifitas Pendekatan Open ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP. Skripsi Jurusan Pendiidkan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtaysa 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berfikir matematis siswa SMP Sehingga perlunya model pembelajaran yang dapat mendukung untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu cara yang diyakini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu dengan menggunakan Pendekatan open ended. Tujuan penelitiannya adalah untuk melihat efektifitas pendekatan open ended pada mata pelajaran Matematika dalam peningkatan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-ekperimental dengan jenis one grup pretest - posttest design. Populasi penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Majasari tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yakni kelas VII. B sebagai populasi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan berpikir HOTS matematis. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah pencapaian pendekatan Open ended efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tinggi (HOTS), hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi nilai pretest yang baik dan setelah posttest menjadi sangat baik. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir HOTS Matematika, Pendekatan Open Ended | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | mr MUHAMAD IHSAN MULYAWAN | |||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 16:29 | |||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 16:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21778 |
Actions (login required)
View Item |