Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TEHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN RETENSI SISWA KELAS VII SMP ISLAM AN-NABILAH PADA KONSEP EKOSISTEM

SUPRIYANTI, SITI (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TEHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN RETENSI SISWA KELAS VII SMP ISLAM AN-NABILAH PADA KONSEP EKOSISTEM. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TEHADAP PENGUASAAN .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of cooperative learning method Numbered Heads Together (NHT) toward mastery of concepts and retention on student of class VII for the concept of ecosystem in SMP Islam AnNabilah. The research method used was a quasi experimental study with PretestPosttest Control Group Design. The population in this research were all students of class VII SMP Islam An-Nabilah. The sample of this research were students of VII B class as an experiment class and students of VII A class as an control class which determined by simple random sampling technique. Data were collected by instrument test in the form of multiple choice test, and t-test for analyzing the hypothesis. Based on the result of the hypothesis test at significance level α = 0.05, it can be concluded that the cooperative learning method Numbered Heads Together (NHT) effect student on mastery of concepts and retention of students of class VII on the concept of ecosystem at SMP Islam An-Nabilah. Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Mastery of concepts, Retention, Ecosystem.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOktorida, Rida198110282008012017
Thesis advisorSuratmi, Suratmi198212032009122002
Additional Information: ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap penguasaan konsep dan retensi siswa kelas VII SMP Islam An-Nabilah pada konsep ekosistem. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam An-Nabilah. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi α = 0.05, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan retensi siswa kelas VII SMP Islam An-Nabilah pada konsep ekosistem. Kata kunci: Numbered Heads Together, Penguasaan Konsep, Retensi, Ekosistem
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Penguasaan Konsep, Retensi, Ekosistem Numbered Heads Together (NHT), Mastery of concepts, Retention, Ecosystem.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:20
Last Modified: 25 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item