Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENERAPKAN NILAI RELIGIUS, JUJUR DAN DISIPLIN DI SMA BOSOWA AL-AZHAR KOTA CILEGON

Ainun Nida, Afifah (2023) PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENERAPKAN NILAI RELIGIUS, JUJUR DAN DISIPLIN DI SMA BOSOWA AL-AZHAR KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Afifah Ainun Nida_2290180031_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan peran guru sosiologi dalam menerapkan pendidikan karakter di SMA Bosowa Al-Azhar Cilegon. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran yang sesungguhnya mengenai peran guru sosiologi dalam menerapkan pendidikan karakter di SMA Bosowa Al-Azhar Cilegon Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang terlibat adalah guru sosiologi, peserta didik dan kepala sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan pendidikan karakter yang ada di SMA Bosowa Al-Azhar mencakup 3 nilai pendidikan karakter seperti religius, jujur dan disiplin dengan hasil (1) Guru dalam menerapkan karakter di sekolah berjalan dengan baik seperti mencontohkan kebiasaan yang baik seperti berpakaian sesuai ketentuan, bertutur kata yang baik (2) Sekolah mempunyai program dalam penanaman pendidikan karakter yaitu program one bosowa school (3) Kepala sekolah, guru, komite dan peserta didik bekerja saling bekerja sama berupa sosialisasi disetiap tahun pembelajaran baru (4) Terdapat faktor pendukung seperti guru mendapatkan binaan dari pengawas kemudian terdapat faktor penghambat yang berasal dari dalam seperti keterbatasan informasi terkait program one bosowa school kepada peserta didik pindahan, serta faktor eksternal seperti anak yang terbiasa mengucap kata kasar di rumah. Kata Kunci: Peran, guru sosiologi, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisnaadisendjaja, Denny195907281985111001
Thesis advisorKuntari, Septi201409012016
Additional Information: Penelitian ini mendeskripsikan peran guru sosiologi dalam menerapkan pendidikan karakter di SMA Bosowa Al-Azhar Cilegon. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran yang sesungguhnya mengenai peran guru sosiologi dalam menerapkan pendidikan karakter di SMA Bosowa Al-Azhar Cilegon Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang terlibat adalah guru sosiologi, peserta didik dan kepala sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan pendidikan karakter yang ada di SMA Bosowa Al-Azhar mencakup 3 nilai pendidikan karakter seperti religius, jujur dan disiplin dengan hasil (1) Guru dalam menerapkan karakter di sekolah berjalan dengan baik seperti mencontohkan kebiasaan yang baik seperti berpakaian sesuai ketentuan, bertutur kata yang baik (2) Sekolah mempunyai program dalam penanaman pendidikan karakter yaitu program one bosowa school (3) Kepala sekolah, guru, komite dan peserta didik bekerja saling bekerja sama berupa sosialisasi disetiap tahun pembelajaran baru (4) Terdapat faktor pendukung seperti guru mendapatkan binaan dari pengawas kemudian terdapat faktor penghambat yang berasal dari dalam seperti keterbatasan informasi terkait program one bosowa school kepada peserta didik pindahan, serta faktor eksternal seperti anak yang terbiasa mengucap kata kasar di rumah. Kata Kunci: Peran, guru sosiologi, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Mrs Afifah Ainun Nida
Date Deposited: 16 Feb 2023 15:43
Last Modified: 16 Feb 2023 15:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21665

Actions (login required)

View Item View Item