PURBAWISESA, TANGGUH (2015) PENGARUH EVALUASI PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA PELATIHAN (STUDI PADA PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BALAI BESAR LATIHAN KERJA INDUSTRI KOTA SERANG). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PENGARUH EVALUASI PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA PELATIHAN (STUDI PADA PELATIHAN TEKNOLOGI ~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK TANGGUH PURBAWISESA, Pengaruh Evaluasi Program Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta Pelatihan (Studi ada Pelatihan Teknologi Informasi di Balai Besar Latihan Kerja Industri Serang). Skripsi. Serang. Program Sarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2014. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., Pembimbing II : Dr. Ii Wahyudin, M.Pd. Kamajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat saat ini, sudah semestinya dapat disikapi dengan pemanfaatan yang bernilai positif, baik untuk peningkatan kualitas pribadi maupun kualitas instansi/lembaga. Komputer dan Internet merupakan dua komponen teknologi informasi yang sangat penting untuk dikuasai dan digunakan sebagai media untuk membantu dalam berbagai aktifitas, dan melalui internet dapat menjalin komunikasi, berbagi informasi dengan siapa saja di dunia ini. Sehingga kendala jarak dan waktu tidak menjadi permasalahan lagi. Sesuai dengan fungsinya, komputer terkenal dapat membantu pekerjaan manusia hampir dalam segala hal. Perkembangan komputer di Indonesia sangat pesat, karena hampir di setiap pekerjaan-pekerjaan menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam mengerjakan tugas yang dikerjakan. Mereka mengetahui bahwa dengan komputer semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan efesien, perkembangan teknologi saat ini memicu semua untuk menjadi yang tercepat dan terbaik. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti tentang pelatihan teknologi informasi yang dilaksanakan BBLKI Serang. Berkaitan dengan hal tersebut, maka menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian mengenai proses evaluasi, kompetensi dan pengaruh evaluasi terhadap peningkatan kompetensi peserta pelatihan . Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengaruh Evaluasi Program Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi merupakan pengkajian ilmiah yang bertujuan untuk mengetahui apakah evaluasi program pelatihan dapat meningkatkan kompetensi bagi peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner berisi daftar pertanyaan (questions) atau pertanyaan (statement) yang digunakan untuk menggali, menghimpun keterangan dan/atau informasi sebagaimana dibutuhkan dan cocok untuk dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses evaluasi program pelatihan yang dilakukan BBLKI sangat baik, ini dibuktikan dengan data yang peneliti peroleh. Mulai dari evaluasi rekrutment sampai dengan evaluasi hasil pelatihan tim evaluator terlibat langsung. Selain itu kompetensi peserta pelatihan ternyata dapat meningkat setelah di evaluasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa evaluasi program pelatihan ternyata berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi peserta pelatihan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 06:22 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:22 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2155 |
Actions (login required)
View Item |