Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SIMULASI DESAIN SENSOR GAS KAPASITIF DENGAN INSULATOR POLIMER MENGGUNAKAN APLIKASI COMSOL MULTIPHYSICS 4.4

Arsy, Muhammad Fickar (2023) SIMULASI DESAIN SENSOR GAS KAPASITIF DENGAN INSULATOR POLIMER MENGGUNAKAN APLIKASI COMSOL MULTIPHYSICS 4.4. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (CHECK PLAGIARISM)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (REFERENSI)
Muhammad Fickar Arsy_3334180018_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Sensor gas kapasitif sebagai aplikasi deteksi yang murah dan andal untuk pemantauan lingkungan yang berkaitan dengan gas semakin meningkat. Insulator merupakan komponen yang berfungsi untuk mengisolir suatu konduktor bertegangan sehingga tidak ada arus listrik mengalir dari konduktor ke luar kerangka. Insulator polimer dipilih dalam penelitian ini karena memiliki sifat dielectric loss yang kecil dan resistivitas volume yang tinggi. Maka dalam penelitian ini dilakukan untuk membuktikan desain sensor gas dengan variasi insulator dan gas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mendapatkan dan membandingkan nilai kapasitansi yang dihasilkan oleh sensor gas dengan tiap jenis insulator yang berbeda berdasarkan jenis pengujian gas yang dilakukan sehingga diketahui jenis insulator yang paling optimum. Penelitian ini dilakukan menggunakan aplikasi COMSOL Multiphysics, dilanjutkan dengan penginputan jenis insulator yaitu polipropilena (PP), High-density polyethylene (HDPE), dan poly methyl methacrylate (PMMA) atau akrilik. Setelah itu, dilakukan pengujian gas dengan CH4, CO2, C2H4, SO2, dan N2O. Pengujian akan menghasilkan nilai kapasitansi yang selanjutnya akan dibandingkan dengan pengaruh nilai permitivitas relatif dari jenis insulator dan gas uji yang digunakan. Hasil pengujian gas membuktikan bahwa desain sensor gas dengan elektroda berbentuk juring lingkaran berhasil dilakukan. Penelitian ini juga membuktikan sensor berbahan insulator akrilik merupakan insulator paling optimum dibandingkan dengan insulator jenis PP dan HDPE dikarenakan insulator akrilik memiliki nilai permitivitas relatif yang paling besar sehingga mampu menghasilkan nilai kapasitansi lebih besar dibandingkan PP dan HDPE. Namun berdasarkan rata-rata nilai kapasitansi yang dihasilkan, sensor berinsulator PP bersifat paling sensitif terhadap gas dibanding HDPE dan akrilik yang ditandai dengan rata-rata nilai kapasitansi yang bervariatif. Dengan demikian, insulator akrilik merupakan insulator paling optimum karena menghasilkan nilai kapasitansi terbesar sedangkan insulator PP adalah yang paling sensitif terhadap gas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSHOLEHAH, AMALIA197905022005012005
UNSPECIFIEDMUTTAKIN, IMAMUL198705262014041001
Additional Information: Sensor gas kapasitif sebagai aplikasi deteksi yang murah dan andal untuk pemantauan lingkungan yang berkaitan dengan gas semakin meningkat. Insulator merupakan komponen yang berfungsi untuk mengisolir suatu konduktor bertegangan sehingga tidak ada arus listrik mengalir dari konduktor ke luar kerangka. Insulator polimer dipilih dalam penelitian ini karena memiliki sifat dielectric loss yang kecil dan resistivitas volume yang tinggi. Maka dalam penelitian ini dilakukan untuk membuktikan desain sensor gas dengan variasi insulator dan gas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mendapatkan dan membandingkan nilai kapasitansi yang dihasilkan oleh sensor gas dengan tiap jenis insulator yang berbeda berdasarkan jenis pengujian gas yang dilakukan sehingga diketahui jenis insulator yang paling optimum. Penelitian ini dilakukan menggunakan aplikasi COMSOL Multiphysics, dilanjutkan dengan penginputan jenis insulator yaitu polipropilena (PP), High-density polyethylene (HDPE), dan poly methyl methacrylate (PMMA) atau akrilik. Setelah itu, dilakukan pengujian gas dengan CH4, CO2, C2H4, SO2, dan N2O. Pengujian akan menghasilkan nilai kapasitansi yang selanjutnya akan dibandingkan dengan pengaruh nilai permitivitas relatif dari jenis insulator dan gas uji yang digunakan. Hasil pengujian gas membuktikan bahwa desain sensor gas dengan elektroda berbentuk juring lingkaran berhasil dilakukan. Penelitian ini juga membuktikan sensor berbahan insulator akrilik merupakan insulator paling optimum dibandingkan dengan insulator jenis PP dan HDPE dikarenakan insulator akrilik memiliki nilai permitivitas relatif yang paling besar sehingga mampu menghasilkan nilai kapasitansi lebih besar dibandingkan PP dan HDPE. Namun berdasarkan rata-rata nilai kapasitansi yang dihasilkan, sensor berinsulator PP bersifat paling sensitif terhadap gas dibanding HDPE dan akrilik yang ditandai dengan rata-rata nilai kapasitansi yang bervariatif. Dengan demikian, insulator akrilik merupakan insulator paling optimum karena menghasilkan nilai kapasitansi terbesar sedangkan insulator PP adalah yang paling sensitif terhadap gas.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Muhammad Fickar Arsy
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:21
Last Modified: 17 Feb 2023 09:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item View Item