Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PERLAKUAN ALKALI TERHADAP SIFAT MEKANIK PADA KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT ALAM : PENELITIAN KEPUSTAKAAN

Lastri, Erika (2023) PENGARUH PERLAKUAN ALKALI TERHADAP SIFAT MEKANIK PADA KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT ALAM : PENELITIAN KEPUSTAKAAN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Erika Lastri_3334130379_Fulltext.pdf

Download (961kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_01.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_02.pdf

Download (578kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_03.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_04.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_05.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_Reff.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_CP.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Erika Lastri_3334130379_Lamp.pdf

Download (253kB)

Abstract

Material komposit mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan material jenis logam. Material komposit banyak digunakan di bidang konstruksi permesinan, alat-alat rumah tangga, dan industri otomotif. Komposit tersusun dari material penguat dan matrik. Saat ini komposit tidak hanya menggunakan serat sintetis, tetapi sudah ada serat alam. Keuntungan serat alam adalah ringan, kuat, murah, dapat diperbarui, ramah lingkungan, tidak membahayakan kesehatan, tidak Merpengaruh korosi, jumlahnya berlimpah, dan mudah didapatkan. Serat alam bersifat hydrophilic dan polimer bersifat hydrophobic. Permukaan serat alam diberikan perlakuan alkali, sehingga permukaan serat alam lebih bisa mengikat matrik. Bahan dari serat alam yang sudah banyak digunakan, yaitu ijuk, kapas, rami, enceng gondok, kenaf, dan lain-lain. Jenis penelitian ini adalah penelitan kepustakaan (library research). Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis isi jurnal. Prosedur yang digunakan adalah organize, synthesize, identify, dan formulate. Penelitian kepustakaan ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi alkali terhadap kekuatan tarik dan kekuatan impak komposit serat alam, pengaruh lama waktu perendaman alkali terhadap kekuatan tarik dan kekuatan impak komposit serat alam, pengaruh serat alam tanpa perlakuan alkali dan perlakuan alkali, serta pengaruh perlakuan alkali terhadap struktur serat alam. Hasil penelitian kepustakaan ini adalah perlakuan 5% NaOH rata-rata dapat meningkatkan kekuatan tarik dan kekuatan impak komposit serat alam. Semakin tinggi perlakuan NaOH menyebabkan berkurangnya lignin atau kotoran bahkan terkikisnya daging serat, sehingga dapat merusak struktur serat dan terbentuk void. Waktu perendaman NaOH rata-rata yang optimal adalah 2 jam, jika waktu perendaman terlalu lama akan menyebabkan lapisan terkikis dan merusak struktur serat, sehingga dapat menyebakan cacat. Serat alam tanpa perlakuan alkali terdapat banyak gumpalan-gumpalan kotoran dan debu menutupi permukaan serat dibandingkan serat yang sudah diberikan perlakuan alkali. Penampang patahan komposit serat alam tanpa perlakuan alkali didominasi oleh kegagalan fiber pull out dan komposit serat alam dengan perlakuan alkali dapat meminimalisir fiber pull out, maka semakin baik kekuatan komposit serat alam. Kata Kunci: komposit, komposit serat alam, matrik, perlakuan alkali, dan waktu perendaman.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTrenggono, Adhitya197804102003121001
Thesis advisorPartuti,, Tri198011282012122003
Additional Information: Material komposit mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan material jenis logam. Material komposit banyak digunakan di bidang konstruksi permesinan, alat-alat rumah tangga, dan industri otomotif. Komposit tersusun dari material penguat dan matrik. Saat ini komposit tidak hanya menggunakan serat sintetis, tetapi sudah ada serat alam. Keuntungan serat alam adalah ringan, kuat, murah, dapat diperbarui, ramah lingkungan, tidak membahayakan kesehatan, tidak terpengaruh korosi, jumlahnya berlimpah, dan mudah didapatkan. Serat alam bersifat hydrophilic dan polimer bersifat hydrophobic. Permukaan serat alam diberikan perlakuan alkali, sehingga permukaan serat alam lebih bisa mengikat matrik. Bahan dari serat alam yang sudah banyak digunakan, yaitu ijuk, kapas, rami, enceng gondok, kenaf, dan lain-lain. Jenis penelitian ini adalah penelitan kepustakaan (library research). Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis isi jurnal. Prosedur yang digunakan adalah organize, synthesize, identify, dan formulate. Penelitian kepustakaan ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi alkali terhadap kekuatan tarik dan kekuatan impak komposit serat alam, pengaruh lama waktu perendaman alkali terhadap kekuatan tarik dan kekuatan impak komposit serat alam, pengaruh serat alam tanpa perlakuan alkali dan perlakuan alkali, serta pengaruh perlakuan alkali terhadap struktur serat alam. Hasil penelitian kepustakaan ini adalah perlakuan 5% NaOH rata-rata dapat meningkatkan kekuatan tarik dan kekuatan impak komposit serat alam. Semakin tinggi perlakuan NaOH menyebabkan berkurangnya lignin atau kotoran bahkan terkikisnya daging serat, sehingga dapat merusak struktur serat dan terbentuk void. Waktu perendaman NaOH rata-rata yang optimal adalah 2 jam, jika waktu perendaman terlalu lama akan menyebabkan lapisan terkikis dan merusak struktur serat, sehingga dapat menyebakan cacat. Serat alam tanpa perlakuan alkali terdapat banyak gumpalan-gumpalan kotoran dan debu menutupi permukaan serat dibandingkan serat yang sudah diberikan perlakuan alkali. Penampang patahan komposit serat alam tanpa perlakuan alkali didominasi oleh kegagalan fiber pull out dan komposit serat alam dengan perlakuan alkali dapat meminimalisir fiber pull out, maka semakin baik kekuatan komposit serat alam. Kata Kunci: komposit, komposit serat alam, matrik, perlakuan alkali, dan waktu perendaman
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: erika erika lastri
Date Deposited: 13 Feb 2023 10:07
Last Modified: 13 Feb 2023 10:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21510

Actions (login required)

View Item View Item