Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE MAKE A MATCH (MAM) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Salah Satu SMP Negeri Di Kab. Pandeglang)

SETIAWAN, IIK (2015) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE MAKE A MATCH (MAM) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Salah Satu SMP Negeri Di Kab. Pandeglang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE MAKE MATCH UNTUK MENINGKAT.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Iik Setiawan. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Metode Make a Match (MAM) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Serang: Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menjadi dasar dari proses belajar matematika. Salah satu alternatif pembelajaran matematika yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Make a Match (MAM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 5 kelas, dengan dua kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol non-ekuivalen.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Pembelajaran CTL adalah suatu konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuandan pengalaman yang dimiliki siswa. Sedangkan MAM adalah kegiatan pembelajaran mencari pasangan yaitu melalui media kartu jawaban/soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian akhir kemampuan dan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang diberikan pembelajaran CTL dan MAM lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Make a Match (MAM), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Thesis advisorIhsanudin, ihsanudin197902162010121001
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Make a Match (MAM), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:23
Last Modified: 25 Oct 2021 06:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item