Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 ANYER

Murodih, Murodih (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 ANYER. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Anyer. Oleh Murodih NIM 102229 Pembelajaran menulis naskah drama pada jenjang menengah pertama kurang mendapat perhatian dari para siswa.Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menarik perhatian siswa, sehinggadalam KBM terasa monoton dan membosankan. Sehingga siswa kurang terampil dalam menulis sebuah nasakah drama. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggunakan metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis naskah drama untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama, dengan rumusan masalah: 1) apakah penerapan pembelajaran menulis naskah drama sebelum menggunakan metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis naskah drama pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Anyer; 2) apakah penerapan pembelajaran menulis naskah drama menggunakan metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis naskah drama pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Anyer ;Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Desain.Untuk pengambilan sampel, dilakukan dengan teknik random sampling. Data yang digunakan berupa data postes. Rata-rata skor postes kelas eksperimen yaitu 79,83 dan rata-rata skor postes kelas control yaitu 63,50 dengan. Untuk menguji hipotesis, dilakukan uji-t satu pihak. Hasil uji-t menunjukkan bahwa F hitung <F tabel artinya H 0 ditolak. Maka kesimpulannya, kemampuan menulis naskah drama siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Writng lebih baik dari pada yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, penggunaan metode Quantum Writing dalam pembelajaran menulis naskah drama mendapatkan respon yang cukup tinggi dari siswa. Kata kunci: Kemampuan Menulis Naskah Drama, Quantum Writing

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorIbnu Wahid, Farid197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Naskah Drama, Quantum Writing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:23
Last Modified: 25 Oct 2021 06:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item