Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DAMPAK BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DI PRIMAGAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA NEGERI 3 KOTA SERANG

Anggita Kusuma Ayuningtyas, Rani (2015) DAMPAK BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DI PRIMAGAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA NEGERI 3 KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Dampak bimbingan belajar bahasa inggris di primagama dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris pada peserta didik kelas XII di SMA negeri 3 Kota Serang.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (5MB)

Abstract

Dampak Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Di Primagama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas XII Di SMA Negeri 3 Kota Serang. Masalah dalam penelitian ini adalah tentang dampak bimbingan belajar bahasa inggris di Primagama dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris, antara lain: (1) Bagaimana dampak Bimbingan Belajar bahasa Inggris di Primagama dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 3 Kota Serang?; (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran di Primagama pada kegiatan Bimbingan Belajar mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 3 Kota Serang?; (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Bimbingan Belajar bahasa Inggris di Primagama pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 3 Kota Serang? Untuk membahas masalah dalam penelitian ini, peneliti merujuk pada landasan teori yang relevan seperti menjelaskan tentang, (1) Definisi Dampak, (2) Pendidikan, (3) Pendidikan Nonformal, (4) Belajar dan Pembelajaran, (5) Bimbingan Belajar, (6) Hasil Belajar, (7) Peningkatan Hasil Belajar, dan (8) Strategi Belajar. Dengan demikian peneliti memiliki pijakan dan dasar-dasar teori yang memadai untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini secara rinci. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data peneliti ini yaitu peserta didik kelas XII di SMAN 3 Kota Serang yang mengikuti bimbingan belajar di Lembaga Pendidikan Primagama dan Tentor bahasa Inggris Lembaga Pendidikan Primagama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak bimbingan belajar bahasa Inggris di LBB Primagama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII di SMAN 3 Kota Serang ditinjau dari nilai raport menunjukkan adanya peningkatan nilai di semester 5 dan 6. Namun jika ditinjau dari segi program SMA kelas XII yang mana difokuskan untuk Ujian Nasional, hasilnya masih kurang memuaskan. Selain itu dalam segi penerapan ilmu seperti membaca (reading) sudah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Tetapi dari kemampuan menulis (writing), mendengar (listening) dan berbicara (speaking) masih belum dapat meningkat secara signifikan. Dengan begitu perlunya usaha maksimal dari tentor dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik agar penguasaan 4 kemampuan keterampilan berbahasa Inggris dapat tercapai. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar, Primagama.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031003
Thesis advisorWahyudin, Li196705011990031005
Additional Information: ABSTRAK Rani Anggita Kusuma Ayuningtyas 2221110772, Dampak Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Di Primagama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas XII Di SMA Negeri 3 Kota Serang, Pembimbing I Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. H. Ii Wahyudin, M.Pd. Dampak Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Di Primagama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas XII Di SMA Negeri 3 Kota Serang. Masalah dalam penelitian ini adalah tentang dampak bimbingan belajar bahasa inggris di Primagama dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris, antara lain: (1) Bagaimana dampak Bimbingan Belajar bahasa Inggris di Primagama dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 3 Kota Serang?; (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran di Primagama pada kegiatan Bimbingan Belajar mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 3 Kota Serang?; (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Bimbingan Belajar bahasa Inggris di Primagama pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 3 Kota Serang? Untuk membahas masalah dalam penelitian ini, peneliti merujuk pada landasan teori yang relevan seperti menjelaskan tentang, (1) Definisi Dampak, (2) Pendidikan, (3) Pendidikan Nonformal, (4) Belajar dan Pembelajaran, (5) Bimbingan Belajar, (6) Hasil Belajar, (7) Peningkatan Hasil Belajar, dan (8) Strategi Belajar. Dengan demikian peneliti memiliki pijakan dan dasar-dasar teori yang memadai untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini secara rinci. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data peneliti ini yaitu peserta didik kelas XII di SMAN 3 Kota Serang yang mengikuti bimbingan belajar di Lembaga Pendidikan Primagama dan Tentor bahasa Inggris Lembaga Pendidikan Primagama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak bimbingan belajar bahasa Inggris di LBB Primagama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII di SMAN 3 Kota Serang ditinjau dari nilai raport menunjukkan adanya peningkatan nilai di semester 5 dan 6. Namun jika ditinjau dari segi program SMA kelas XII yang mana difokuskan untuk Ujian Nasional, hasilnya masih kurang memuaskan. Selain itu dalam segi penerapan ilmu seperti membaca (reading) sudah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Tetapi dari kemampuan menulis (writing), mendengar (listening) dan berbicara (speaking) masih belum dapat meningkat secara signifikan. Dengan begitu perlunya usaha maksimal dari tentor dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik agar penguasaan 4 kemampuan keterampilan berbahasa Inggris dapat tercapai. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar, Primagama.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar, Primagama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:24
Last Modified: 25 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item