Hendri, Muhamad (2023) EVALUASI PROGRAM FESTIVAL BEDUK NUSANTARA TAHUN 2018 OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160056_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160042_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160056_01.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160042_02.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160042_03.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160042_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160042_05.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160042_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text
MUHAMAD HENDRI_6662160042_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rampak Bedug merupakan salah satu kebudayaan yang berasal dari Kabupaten Pandeglang dan sudah diakui oleh Kemendikbud sebagai warisan budaya tak benda. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, kebudayaan ini banyak ditinggalkan oleh generasi muda. Melihat permasalahan tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang mengadakan kegiatan Festival Rampak Bedug Nusantara 2018 yang memiliki tujuan untuk branding image guna menarik minat wisatawan berkunjung ke Kabupaten Pandeglang sebagai kota yang berbudaya. Konsep dasar dari penelitian ini adalah proses evaluasi yang menggunakan Model Pyramid of Research PR yang dikombinasikan dengan Analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan pada Festival Rampak Bedug Nusantara tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, dan berlokasi di Alun – Alun Pendopo Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan paradigma Post Positivis dengan metode analisis Model Pyramid of Research PR yang terdiri dari Inputs, Outputs dan Outcomes yang dikombinasikan dengan Analisis SWOT yang terdiri dari Strength, Weakness, Opportunities dan Threat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam penyelenggaraan Program Festival Rampak Bedug Nusantara 2018 memiliki Komponen Dalam Organisasi yang menjadi Faktor Kekuatan yaitu: seni Rampak Bedug hanya ada di Kabupaten Pandeglang dan dianggap unik dan Faktor Kelemahan yaitu: Peserta yang masih sedikit berpartisipasi dan slogan Nusantara yang dianggap kurang sesuai. Kemudian Komponen Luar Organisasi yang menjadi Faktor Peluang yaitu: Melalui event ini menjadi kesempatan sanggar kesenian untuk menampilkan karyanya sekaligus Branding Kabupaten Pandeglang dan Faktor Ancaman yaitu: Masyarakat yang kurang peduli dengan budayanya sendiri dan konflik yang terjadi antar peserta karena memiliki gengsi yang tinggi untuk menang. Adapun Inputs dalam kegiatan ini yaitu: sebagai event untuk menghidupkan kembali budaya di Pandeglang. Outputs dalam kegiatan ini yaitu: penggunaan slogan Nusantara yang dianggap kurang sesuai dan Outcomes dalam kegiatan ini yaitu: mewajibkan muatan lokal Rampak Bedug di sekolah mulai dari SD – SMA sekaligus menjadi ajang Branding image kota Pandeglang sebagai kota yang berbudaya. Kata Kunci: Branding, Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Evaluasi Program, Festival Rampak Beduk Nusantara 2018, Model Pyrmaid Of Resarch PR.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Communication > Communication (General) | |||||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi | |||||||||
Depositing User: | Mr Muhamad Hendri | |||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 15:32 | |||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 15:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21311 |
Actions (login required)
View Item |