Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

CITRA WANITA PADA TOKOH AINUN DALAM BUKU BIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN KARYA BJ HABIBIE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP

Adawiyah, Siti (2014) CITRA WANITA PADA TOKOH AINUN DALAM BUKU BIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN KARYA BJ HABIBIE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
CITRA WANITA PADA TOKOH AINUN DALAM BUKU BIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN KARYA BJ HABIBIE DAN RENCANA .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK CITRA WANITA PADA TOKOH AINUN DALAM BUKU BIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN KARYA BJ HABIBIE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP SITI ADAWIYAH 2222090160 Pengajaran sastra di SMP pada dasarnya bertujuan agar siswa memiliki rasa peka terhadap karya sastra sehingga mereka terdorong untuk membacanya. Salah satu upaya meningkatkan rasa minat siswa adalah dengan mengenalkan dan menyuguhkan secara langsung karya kepada siswa agar siswa dapat membaca dan mengenali. Seperti buku biografi Habibie dan Ainun karya BJ Habibie yang menceritakan riwayat hidup tokoh Ainun. Biografi ini berisi perjalanan hidup Ainun bersama Habibie (mantan Presiden ke-3 RI) yang saling memotivasi, penuh dengan kesabaran dalam mengalami kesulitan hidup di rantau. Pengorbanan itu terlahir karena mereka berdua saling mengasihi satu sama lain. Buku biografi ini akan dianalisis dari aspek fisik dan psikis serta sosial pada tokoh Ainun yang kemudian dikaitkan dengan pendekatan postfeminisme. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana citra pada tokoh Ainun dalam buku biografi Habibie dan Ainun karya BJ Habibie? 2) Bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran buku biografi Habibie dan Ainun di SMP?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan citra pada tokoh Ainun dalam buku biografi Habibie dan Ainun karya BJ Habibie melalui perspektif postfeminisme 2) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran buku biografi Habibie dan Ainun di SMP. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu data diuraikan dalam bentuk kata-kata atau gambar-gambar, bukan dalam bentuk angka-angka. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan analisis isi. Metode deskriptif penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan citra fisik, citra psikis dan citra sosial serta menggunakan perspektif postfeminisme sebagai bahan pendekatan. Setelah melakukan penelitian penulis memperoleh kesimpulan bahwa dalam buku biografi Habibie dan Ainun terdapat gambaran citra fisik, psikis dan citra sosial pada tokoh Ainun. Selain itu, tokoh Ainun juga digambarkan sebagai seorang yang berpendidikan tinggi serta berwawasan luas dalam mengembangkan wilayah negara Indonesia. Ainun dan Habibie saling bersinergi satu sama lain dalam perjalanan kehidupan rumah tangga. Seperti yang tergambarkan dalam pendekatan teori postfeminisme. Hasil penelitian ini dapat disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP. Kata Kunci: Citra, Wanita, Postfeminisme dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMP

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Thesis advisorHadiansyah, Firman19800902006041004
Additional Information: ABSTRAK CITRA WANITA PADA TOKOH AINUN DALAM BUKU BIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN KARYA BJ HABIBIE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP SITI ADAWIYAH 2222090160 Pengajaran sastra di SMP pada dasarnya bertujuan agar siswa memiliki rasa peka terhadap karya sastra sehingga mereka terdorong untuk membacanya. Salah satu upaya meningkatkan rasa minat siswa adalah dengan mengenalkan dan menyuguhkan secara langsung karya kepada siswa agar siswa dapat membaca dan mengenali. Seperti buku biografi Habibie dan Ainun karya BJ Habibie yang menceritakan riwayat hidup tokoh Ainun. Biografi ini berisi perjalanan hidup Ainun bersama Habibie (mantan Presiden ke-3 RI) yang saling memotivasi, penuh dengan kesabaran dalam mengalami kesulitan hidup di rantau. Pengorbanan itu terlahir karena mereka berdua saling mengasihi satu sama lain. Buku biografi ini akan dianalisis dari aspek fisik dan psikis serta sosial pada tokoh Ainun yang kemudian dikaitkan dengan pendekatan postfeminisme. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana citra pada tokoh Ainun dalam buku biografi Habibie dan Ainun karya BJ Habibie? 2) Bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran buku biografi Habibie dan Ainun di SMP?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan citra pada tokoh Ainun dalam buku biografi Habibie dan Ainun karya BJ Habibie melalui perspektif postfeminisme 2) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran buku biografi Habibie dan Ainun di SMP. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu data diuraikan dalam bentuk kata-kata atau gambar-gambar, bukan dalam bentuk angka-angka. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan analisis isi. Metode deskriptif penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan citra fisik, citra psikis dan citra sosial serta menggunakan perspektif postfeminisme sebagai bahan pendekatan. Setelah melakukan penelitian penulis memperoleh kesimpulan bahwa dalam buku biografi Habibie dan Ainun terdapat gambaran citra fisik, psikis dan citra sosial pada tokoh Ainun. Selain itu, tokoh Ainun juga digambarkan sebagai seorang yang berpendidikan tinggi serta berwawasan luas dalam mengembangkan wilayah negara Indonesia. Ainun dan Habibie saling bersinergi satu sama lain dalam perjalanan kehidupan rumah tangga. Seperti yang tergambarkan dalam pendekatan teori postfeminisme. Hasil penelitian ini dapat disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP. Kata Kunci: Citra, Wanita, Postfeminisme dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Citra, Wanita, Postfeminisme dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:24
Last Modified: 25 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item