Gagah, Gilang Purnama (2023) PENGARUH EXPRESSIVE WRITING THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SISWA DI DEPAN KELAS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Baros Tahun Ajaran 2022/2023). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_01.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_02.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_03.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_04.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_05.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
Text
Gagah Gilang Purnama_2285180016_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Gagah Gilang Purnama, 2022. Pengaruh Expressive Writing Therapy untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa di Depan Kelas. Skripsi. Dibimbing oleh: Rohani (Dosen Pembimbing 1) dan Raudah Zaimah Dalimunthe (Pembimbing 2). Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuam public speaking dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik expressive writing therapy di SMAN 1 Baros. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 275 siswa dengan karakteristik populasi berusia 15-17 tahun kelas XI di SMAN 1 Baros tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan mendapatkan 10 siswa yang memiliki tingkat kemampuan public speaking yang rendah yang kemudian diberikan treatment. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian dilihat dari pelaksanaan pre-test dan post test adanya peningkatan secara signifikan dari nilai rata-rata sebesar 66,2 menjadi 104,2. Analisis uji wilcoxon signed ranks test pada proses pengambilan keputusan hipotesis, nilai 0,005 lebih rendah dari pada 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan diterima. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Secara data statistik dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik expressive writing therapy dapat mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa. Kata Kunci : Public Speaking, Bimbingan Kelompok, Expressive Writing Therapy.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | |||||||||
Depositing User: | Mr Gagah Gilang Purnama | |||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 09:39 | |||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 09:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20738 |
Actions (login required)
View Item |