Novianti, Ismi (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID TEMUAN KAPAL TENGGELAM DI PERAIRAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MARITIM SISWA SMA NEGERI 1 CILEUNGSI. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Ismi Novianti_2288180017_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Ismi Novianti_2288180017_01.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text
Ismi Novianti_2288180017_02.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
Ismi Novianti_2288180017_03.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text
Ismi Novianti_2288180017_04.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text
Ismi Novianti_2288180017_05.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
Ismi Novianti_2288180017_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text
Ismi Novianti_2288180017_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi; (2) menjelaskan langkah-langkah pengembangan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi; dan (3) mengetahui efektivitas penerapan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Kondisi literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi masuk dalam kategori rendah, hal ini dilihat dari tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku. Selanjutnya diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi maritim siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia dengan sumber belajar jurnal. Hasil uji N-gain menunjukan nilai rata-rata tes pengetahuan kemampuan literasi maritim di kelas eksperimen 0,30 dan di kelas kontrol 0,29. Nilai rata-rata tes sikap peduli lingkungan laut di kelas eksperimen 0,45 dan di kelas kontrol 0,35 serta nilai rata-rata tes perilaku peduli lingkungan laut di kelas eksperimen 0,23 dan di kelas kontrol 0,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi. Kata Kunci: Bahan ajar, Android, Temuan kapal tenggelam, Literasi maritim.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi; (2) menjelaskan langkah-langkah pengembangan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi; dan (3) mengetahui efektivitas penerapan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Kondisi literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi masuk dalam kategori rendah, hal ini dilihat dari tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku. Selanjutnya diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi maritim siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia dengan sumber belajar jurnal. Hasil uji N-gain menunjukan nilai rata-rata tes pengetahuan kemampuan literasi maritim di kelas eksperimen 0,30 dan di kelas kontrol 0,29. Nilai rata-rata tes sikap peduli lingkungan laut di kelas eksperimen 0,45 dan di kelas kontrol 0,35 serta nilai rata-rata tes perilaku peduli lingkungan laut di kelas eksperimen 0,23 dan di kelas kontrol 0,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis android temuan kapal tenggelam di perairan Indonesia dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan literasi maritim siswa SMA Negeri 1 Cileungsi. Kata Kunci: Bahan ajar, Android, Temuan kapal tenggelam, Literasi maritim. | |||||||||
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Ismi Novianti | |||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 09:56 | |||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 09:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20719 |
Actions (login required)
View Item |