Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Transformasi Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Menuju New Normal (Studi Kasus Peserta Didik Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Rangkasbitung)

Nurul Muliawati, Ririn (2023) Transformasi Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Menuju New Normal (Studi Kasus Peserta Didik Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Rangkasbitung). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Ririn Nurul Muliawati_2283180015_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Image
Surat Keterangan Turnitin.jpeg
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Ririn Nurul Muliawati: Transformasi Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Menuju New Normal (Studi Kasus Peserta Didik Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Rangkasbitung). Skripsi. Banten: Pendidikan Vokasional Teknik Elektro FKIP UNTIRTA, 2022 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui transformasi proses pembelajaran peserta didik pada masa pandemi covid-19 menuju new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data diperoleh dari kepala jurusan, pendidik, dan peserta didik Jurusan Teknik Elektronika Industri yang melaksanakan proses pembelajaran, Praktikum, Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di pembelajaran 100% online, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), dan pembelajaran new normal. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 adanya suatu transformasi pada pembelajaran 100% online, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), dan pembelajaran new normal. Pada proses pembelajaran 100% online dilaksanakan secara jarak jauh dan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Pada PTMT dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran blended learning adanya pembelajaran offline dan online serta terbatasnya jumlah peserta didik. Namun, pada pembelajaran new normal sudah dapat dilaksanakan kembali normal tanpa adanya pembelajaran online dan pembelajaran terbatas. Kata kunci: Proses pembelajaran online, Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), Proses pembelajaran new normal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatkhurrokhman, Mohammad198904052019031010
Thesis advisorPermata, Endi197806142005011002
Additional Information: Ririn Nurul Muliawati: Transformasi Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Menuju New Normal (Studi Kasus Peserta Didik Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Rangkasbitung). Skripsi. Banten: Pendidikan Vokasional Teknik Elektro FKIP UNTIRTA, 2022 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui transformasi proses pembelajaran peserta didik pada masa pandemi covid-19 menuju new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data diperoleh dari kepala jurusan, pendidik, dan peserta didik Jurusan Teknik Elektronika Industri yang melaksanakan proses pembelajaran, Praktikum, Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di pembelajaran 100% online, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), dan pembelajaran new normal. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 adanya suatu transformasi pada pembelajaran 100% online, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), dan pembelajaran new normal. Pada proses pembelajaran 100% online dilaksanakan secara jarak jauh dan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Pada PTMT dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran blended learning adanya pembelajaran offline dan online serta terbatasnya jumlah peserta didik. Namun, pada pembelajaran new normal sudah dapat dilaksanakan kembali normal tanpa adanya pembelajaran online dan pembelajaran terbatas. Kata kunci: Proses pembelajaran online, Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), Proses pembelajaran new normal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83201-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Ririn Nurul Muliawati
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:44
Last Modified: 02 Feb 2023 09:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20597

Actions (login required)

View Item View Item