SETIOWATI, ASIH (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar dan Kinerja Praktik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Asih Setio Wati_2283170024_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
CamScanner 02-01-2023 20.05.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
Asih Setio Wati_2283170024_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
Asih Setio Wati_2283170024_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
Asih Setio Wati_2283170024_05.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
Asih Setio Wati_2283170024_04.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
Asih Setio Wati_2283170024_03.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
Asih Setio Wati_2283170024_02.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
Asih Setio Wati_2283170024_01.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
Abstract
Asih Setio Wati : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar dan Kinerja Praktik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Skripsi. Banten: Pendidikan Vokasional Teknik Elektro FKIP Untirta 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Eksperimental desaign yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar dan kinerja praktik pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Learning Cycle 5E, variabel terikat yaitu hasil belajar dan kinerja praktik. Populasi penelitian ini adalah Kelas XI TITL SMKN 2 Kota Serang yang berjumlah 189 siswa dan Sampel menggunakan teknik purposive sampling dari siswa kelas XI TITL SMKN 2 Kota Serang yang berjumlah 79 siswa. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji instrument dalam proses penelitian ini, instrument yang digunakan telah diuji validitasnya untuk pretest terdiri dari 25 item setelah diuji hanya 18 item yang valid dengan hasil keseluruhan 0.089-0.911, posttest dari 25 item setelah diuji hanya 16 item yang valid dengan hasil keseluruhan 0.057- 0.790, LKPD dari 10 item hanya 5 yang valid dengan nilai keseluruhan 0.002-0.964 dan jobsheet dari 5 item setelah diuji semua item valid dengan nilai keseluruhan 0.557-0.703 dan untuk reliabilitas instrument pretest koefisien alpha 0.823 terdapat kriteria tinggi, posttest memiliki nilai koefisien alpha 0.838 terdapat kriteria tinggi, LKPD memiliki nilai koefisien alpha 0.703 terdapat kriteria tinggi dan jobsheet memiliki nilai koefisien 0.627 terdapat kriteria cukup tinggi. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan nilai Thitung sebesar 5.090 dengan n – k = 37 dimana n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel, sedangkan Ttabel 2.026 dengan demikian nilai Thitung = 5.090 > Ttabel = 2.026 berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dan kinerja praktik memperoleh nilai Thitung : 4.794 dan Ttabel : 2.028 dan n – k = 38 dimana n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel. Dengan demikian nilai Thitung = 5.090 > Ttabel = 2.026. berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kinerja praktik siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Kata kunci: Model Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, Kinerja Praktik
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Asih Setio Wati : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar dan Kinerja Praktik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Skripsi. Banten: Pendidikan Vokasional Teknik Elektro FKIP Untirta 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Eksperimental desaign yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar dan kinerja praktik pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Learning Cycle 5E, variabel terikat yaitu hasil belajar dan kinerja praktik. Populasi penelitian ini adalah kelas XI TITL SMKN 2 Kota Serang yang berjumlah 189 siswa dan Sampel menggunakan teknik purposive sampling dari siswa kelas XI TITL SMKN 2 Kota Serang yang berjumlah 79 siswa. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji instrument dalam proses penelitian ini, instrument yang digunakan telah diuji validitasnya untuk pretest terdiri dari 25 item setelah diuji hanya 18 item yang valid dengan hasil keseluruhan 0.089-0.911, posttest dari 25 item setelah diuji hanya 16 item yang valid dengan hasil keseluruhan 0.057- 0.790, LKPD dari 10 item hanya 5 yang valid dengan nilai keseluruhan 0.002-0.964 dan jobsheet dari 5 item setelah diuji semua item valid dengan nilai keseluruhan 0.557-0.703 dan untuk reliabilitas instrument pretest koefisien alpha 0.823 terdapat kriteria tinggi, posttest memiliki nilai koefisien alpha 0.838 terdapat kriteria tinggi, LKPD memiliki nilai koefisien alpha 0.703 terdapat kriteria tinggi dan jobsheet memiliki nilai koefisien 0.627 terdapat kriteria cukup tinggi. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan nilai Thitung sebesar 5.090 dengan n – k = 37 dimana n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel, sedangkan Ttabel 2.026 dengan demikian nilai Thitung = 5.090 > Ttabel = 2.026 berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dan kinerja praktik memperoleh nilai Thitung : 4.794 dan Ttabel : 2.028 dan n – k = 38 dimana n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel. Dengan demikian nilai Thitung = 5.090 > Ttabel = 2.026. berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kinerja praktik siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Kata kunci: Model Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, Kinerja Praktik | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83201-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro |
|||||||||
Depositing User: | Asih Setio wati Asih Setio Wati | |||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 09:46 | |||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 09:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20594 |
Actions (login required)
View Item |