Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE DAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS SMAN 1 LEUWIDAMAR

ROBIAH, ROBIAH (2022) PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE DAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS SMAN 1 LEUWIDAMAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ROBIAH__2290180003_Fulltext -compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ROBIAH_2290180003_01-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
ROBIAH_2290180003_02-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
ROBIAH_2290180003_03-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
ROBIAH_2290180003_04-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
ROBIAH_2290180003_05-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
ROBIAH_2290180003_Ref-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
ROBIAH_2290180003_Lamp-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

Penerapan metode take and give dan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leuwidamar dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode dan model tersebut pada mata pelajaran sosiologi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quisi Eksperimental Design dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain pretest-postest control group design. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan tindakan dan kelas kontrol adalah kelas yang tidak diberikan tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Tes dilakukan untuk menetukan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode take and give dan model discovery learning yaitu uji daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Tindakan yang dilakukan 5 kali pertemuan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan penilaian hasil Pretest nilai rata – rata kelas eksperimen dan kelas kontrol seimbang yaitu skor total 50. Setelah diberikan tindakan hasil posttest kelas kontrol skor total rata-rata 75 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata 85. Maka dapat dilihat perbandingan dari hasil pretest dan posttest bahwa kelas yang diberikan tindakan penerapan metode take and give dan model discovery learning untuk hasil belajarnya meningkat. Kata Kunci: Metode take and give, model discovery learning dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIRFANI LINDAWATI, YUSTIKA199007112018032001
Thesis advisorWIDIANSYAH, SUBHAN199003172019031010
Additional Information: Penerapan metode take and give dan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leuwidamar dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode dan model tersebut pada mata pelajaran sosiologi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quisi Eksperimental Design dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain pretest-postest control group design. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan tindakan dan kelas kontrol adalah kelas yang tidak diberikan tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Tes dilakukan untuk menetukan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode take and give dan model discovery learning yaitu uji daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Tindakan yang dilakukan 5 kali pertemuan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan penilaian hasil Pretest nilai rata – rata kelas eksperimen dan kelas kontrol seimbang yaitu skor total 50. Setelah diberikan tindakan hasil posttest kelas kontrol skor total rata-rata 75 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata 85. Maka dapat dilihat perbandingan dari hasil pretest dan posttest bahwa kelas yang diberikan tindakan penerapan metode take and give dan model discovery learning untuk hasil belajarnya meningkat. Kata Kunci: Metode take and give, model discovery learning dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Robiah Robiah Biah
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:26
Last Modified: 27 Jan 2023 09:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20312

Actions (login required)

View Item View Item