Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO PARANTI 105.6 FM PANDEGLANG DALAM MENDAPATKAN IKLAN

Helina, Mega Gustia and Jaiz, Muhammad and Fitriyah, Neka (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO PARANTI 105.6 FM PANDEGLANG DALAM MENDAPATKAN IKLAN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM - Mega Gustia Helina 061567.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mega Gustia Helina. 6662061567. Skripsi. Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Paranti 105.6 FM Pandeglang dalam Mendapatkan Iklan. Radio merupakan media elektronik yang sudah cukup lama eksis dan bertahan hingga saat ini. Meskipun banyaknya media informasi dan hiburan lain yang bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, radio tetap memiliki penggemar tersendiri. Radio adalah media hiburan dan informasi yang murah, praktis, serta dapat didengar kapan saja dan dimana saja.Perkembangan radio tidak lepas dari pengiklan. Tanpa pengiklan yang mengiklankan produk mereka di radio, maka radio tidak dapat bertahan dan beroperasional setiap harinya. Pengiklan merupakan hal yang sangat penting bagi radio. Itu sebabnya radio harus selalu memiliki strategi untuk mendapatkan pengiklan. Berdasarkan uraian diatas, strategi yang digunakan untuk selalu mendapatkan pengiklan sebagai penunjang biaya operasional radio menjadi hal yang sangat penting dan mampu menarik perhatian untuk diteliti, khususnya pada radio lokal Radio Paranti 105.6 FM Pandeglang. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Radio Paranti dalam mendapatkan iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan .Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mendapatkan pengiklan, Radio Paranti menggunakan Three Ways Strategy yakni pull strategy, untuk membuat pengiklan tertarik memasang iklan produk mereka di Radio Paranti, push strategy untuk mendorong rasa ketertarikan tersebut menjadi keinginan untuk bekerjasama. Terakhir, adalah pass strategy untuk menciptakan opini publik yang positif dari masyarakat termasuk pengiklan. Penelitian ini menemukan bahwa Radio Paranti 105.6 FM Pandeglang menggunakan pull strategy dengan cara mengirimkan company profile Radio Paranti dan menyertakan surat penawaran dengan tidak mencantumkan rate harga terlebih dahulu yang bertujuan untuk menarik keingintahuan pengiklan akan Radio Paranti. kemudian push strategy dengan memberikan potongan harga dan negosiasi harga yang disesuaikan dengan kemampuan pengiklan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Mega Gustia Helina. NIM. 6662061567. Research. Marketing Communication Strategy of Radio Paranti 105.6 FM to get the Advertisers. Radio is the electronic media that already exsist for a long time ago and still survive until now. Even though today there is a lot of new entertainment and information media that already exsist, radio still had it own loyal fans. Radio is the entertainment and information media that is cheap, simple, and can be listened anytime and everywhere.The development of the radio station is can not out from the advertisers who advertised their product on the radio. Without that advertisers, radio can not survive and can not operational everyday. Advertisers is very important for radio, that’s why radio always had the strategy to get the advertisers. Based on that explanation, the strategy that used to get the advertisers for surviving the existantion of the radio, become important thing and able to get attention of the readers to be inspected. Especially, the marketing communication strategy of Radio Paranti 105.6 FM Pandeglang. The purpose of this research is to know what is the marketing communication strategy of Radio Paranti 105.6 FM Pandeglang to get their advertisers.This research applies qualitative approach with descriptive study method use some measures, wich are: data collecting, data decreasing, and data presenting. This study conclude that to get the advertisers, Radio Paranti 105.6 FM Pandeglang use the tree ways strategy include pull strategy, to get attention and make the client interest. Push strategy to changed the interest of the advertisers and make the advertisers want to join and become the partner of Radio Paranti 105.6 FM. Last, is the pass strategy to get and make the positive opinion from the public.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Feb 2013 03:42
Last Modified: 23 May 2013 07:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item