Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI DI BANK SAMPAH GREEN GRIYA PERMATA ASRI (GPA), KOTA SERANG)

Kurniawati, Rd Nia Kania and Winangsih, Rahmi (2017) KOMUNIKASI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI DI BANK SAMPAH GREEN GRIYA PERMATA ASRI (GPA), KOTA SERANG). KOMUNIKASI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI DI BANK SAMPAH GREEN GRIYA PERMATA ASRI (GPA), KOTA SERANG) . Buku Litera Yogyakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. ISBN 978-602-6751-94-2

[img] Text
9. Komunikasi Lingkungan Pemerintah Kota Dalam Pengelolaan Sampah Melalui Program Bank Sampah.pdf

Download (7MB)
[img] Text (KOMUNIKASI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI DI BANK SAMPAH GREEN GRIYA PERMATA ASRI (GPA), KOTA SERANG))
BUKU%202.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2030.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, dengan total penduduk sebanyak 237 juta. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, diperkirakan akan dihasilkan sampah sebanyak 130.000 ton/hari. Sumber sampah di Indonesia didominasi oleh sampah rumah tangga sebanyak 48%, pasar tradisional 24% dan kawasan komersial 9%, sisanya berasal dari fasilitas publik seperti jalan, sekolah, kantor dan sebagainya. Berdasarkan hasil studi di tahun 2008 yang dilakukan oleh Kementerian Lingkugan Hidup di beberapa kota di Indonesia, pola pengelolaan sampah adalah diangkut dan ditimbun di TPA sebesar 69%, dikubur sebesar 10%, dikomps dan didaur ulang 7%, dibakar 5%, dan sisanya tidak terkelola sebesar 7%. Pertambahan penduduk yang disertai dengan tingginya arus urbanisasi memiliki korelasi yang sangat signifikan dengan semakin tingginya volume sampah yang harus dikelola setiap hari. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Kota Serang yang meningkat setiap tahunnya, tingkat pertumbuhan zona komersial dan zona perumahan tingkat menengah juga meningkat. Sehingga perlu diantipasi timbulan sampah yang muncul akibat aktifitas tersebut, terutama zona perumahan yang tumbuh pesat seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi. Sementara itu, pemerintah dituntut untuk berkomitmen dalam upaya mencapai target MDGs di tahun 2015, yang antara lain menjamin keberlanjutan lingkungan hidup (Stalker, 2008).

Item Type: Book
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dr Nia Kania Kurniawati
Date Deposited: 20 Jan 2023 15:40
Last Modified: 20 Jan 2023 15:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20003

Actions (login required)

View Item View Item