Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOHESI GRAMATIKAL DALAM RUBRIK “PENDIDIKAN” KORAN KABAR BANTEN EDISI DESEMBER 2019 VERSI DARING SEBAGAI MODUL BAHAN PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI SMP

RODIFAH, IFAH (2023) KOHESI GRAMATIKAL DALAM RUBRIK “PENDIDIKAN” KORAN KABAR BANTEN EDISI DESEMBER 2019 VERSI DARING SEBAGAI MODUL BAHAN PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
Ifah Rodifah_2222160052_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan penanda kohesi gramatikal dalam koran Kabar Banten dan penggunaan bahan ajar teks eksposisi di SMP. Penanda kohesi gramatikal tersebut meliputi: referensi, elipsis, dan konjungsi. Penggunaan bahan ajar dalam penelitian ini mengambil pembelajaran kelas 8 bahasa Indonesia yakni teks ekposisi dan bahan ajar tersebut masih berkesinambungan dengan kajian kohesi gramatikal. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Data di analisis dengan teknik ganti, teknik balik, dan teknik lesap yang ketiga teknik ini ada dalam metode agih. Ketiga teknik dari metode agih tersebut digunakan dalam penerapan bahasa yang bersangkutan dengan penelitian yang diteliti. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat. Berdasarkan Hasil penelitian ini ditemukan; (1) Penggunaan penanda kohesi gramatikal koran Kabar Banten, meliputi: kohesi gramatikal aspek referensi (anafora dan katafora) ; kohesi gramatikal aspek elipsis ; dan kohesi gramatikal aspek konjungsi. (2) Hasil penelitian pada bahan ajar yang berkaitan dengan materi teks ekposisi di SMP, yakni peneliti membuat salah satu bahan ajar yaitu dengan membuat modul yang berjudul Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca. Modul pembelajaran bahasa Indonesia ini berisi materi tentang pengertian teks eksposisi, struktur, dan kebahasaan kemudian dilengkapi pula oleh latihan soal yang akan diisi oleh peserta didik. Kata Kunci : Penanda kohesi gramatikal, Metode Agih, Modul Bahan Ajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMUHYIDIN, ASEP197604072001121002
Thesis advisorSOLIHAT, ILMI198805032014042003
Additional Information: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan penanda kohesi gramatikal dalam koran Kabar Banten dan penggunaan bahan ajar teks eksposisi di SMP. Penanda kohesi gramatikal tersebut meliputi: referensi, elipsis, dan konjungsi. Penggunaan bahan ajar dalam penelitian ini mengambil pembelajaran kelas 8 bahasa Indonesia yakni teks ekposisi dan bahan ajar tersebut masih berkesinambungan dengan kajian kohesi gramatikal. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Data di analisis dengan teknik ganti, teknik balik, dan teknik lesap yang ketiga teknik ini ada dalam metode agih. Ketiga teknik dari metode agih tersebut digunakan dalam penerapan bahasa yang bersangkutan dengan penelitian yang diteliti. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat. Berdasarkan Hasil penelitian ini ditemukan; (1) Penggunaan penanda kohesi gramatikal koran Kabar Banten, meliputi: kohesi gramatikal aspek referensi (anafora dan katafora) ; kohesi gramatikal aspek elipsis ; dan kohesi gramatikal aspek konjungsi. (2) Hasil penelitian pada bahan ajar yang berkaitan dengan materi teks ekposisi di SMP, yakni peneliti membuat salah satu bahan ajar yaitu dengan membuat modul yang berjudul Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca. Modul pembelajaran bahasa Indonesia ini berisi materi tentang pengertian teks eksposisi, struktur, dan kebahasaan kemudian dilengkapi pula oleh latihan soal yang akan diisi oleh peserta didik. Kata Kunci : Penanda kohesi gramatikal, Metode Agih, Modul Bahan Ajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs IFAH RODIFAH
Date Deposited: 18 Jan 2023 15:45
Last Modified: 18 Jan 2023 15:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19950

Actions (login required)

View Item View Item