Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH TERPAAN INSTAGRAM @JAJANSERANG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KULINER (SURVEY PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @JAJANSERANG)

MAULIDA FATMA, ADINDA (2023) PENGARUH TERPAAN INSTAGRAM @JAJANSERANG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KULINER (SURVEY PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @JAJANSERANG). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
Adinda Maulida Fatma_6662180166_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Currently, Instagram is a social media that often used by public to get information. The Instagram account @Jajanserang is an account that provides culinary information. This study aims to find out how much exposure Instagram @Jajanserang has to fulfilling the culinary information needs of followers by using the uses and gratification theory. The research method used quantitative with descriptive-correlational. This study used simple random sampling technique and the researcher distributed questionnaires to 100 respondents as the followers of the account Instagram @Jajanserang. The results showed that correlation score is 0,487 which indicated that there is a strong enough correlation between variable X and Y. The results of coefficient determination showed that the effect of exposure to Instagram @Jajanserang is 23.7% on fulfilling culinary information needs. While the rest is influenced by other variables outside this research. The research showed that there is an influence between exposure to Instagram @Jajanserang on fulfilling culinary information needs.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMUKHROMAN, IMAN197502022002121002
Thesis advisorJAIZ, MUHAMMAD197106292003121001
Additional Information: Saat ini, Instagram merupakan media sosial yang sering digunakan masyarakat untuk mendapatkan Informasi. Akun Instagram @Jajanserang adalah salah satu akun yang menyajikan informasi seputar kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar terpaan Instagram @Jajanserang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kuliner pada followers-nya dengan menggunakan teori uses and gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sifat penelitian deskriptif-korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan followers akun Instagram @Jajanserang. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,487 yang artinya memiliki hubungan yang cukup kuat antara variabel X dengan variabel Y. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh terpaan Instagram @Jajanserang sebesar 23,7% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kuliner sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan Instagram @Jajanserang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kuliner.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Adinda Maulida Fatma
Date Deposited: 17 Jan 2023 09:17
Last Modified: 17 Jan 2023 09:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19798

Actions (login required)

View Item View Item