Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kota Tangerang

Taufik, Edi Rahmat and Humairoh, Humairoh and Suharyadi, Suharyadi (2021) Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kota Tangerang. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 4 (2). pp. 125-141. ISSN 2620-8164

[img] Text
view_usp=sharing

Download (75kB)
[img] Text
Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kota Tangerang.pdf - Published Version

Download (779kB)

Abstract

UMKM konveksi Kota Tangerang mengalami guncangan penurunan permintaan dikarenakan ketidakstabilan ekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19. UMKM Kota Tangerang memerlukan strategi bertahan untuk dapat mempertahankan usahanya di tengah pandemi Covid-19. Namun, UMKM Kota Tangerang masih mengalami kendala dalam orientasi kewirausahaan dan inovasi produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran konveksi UMKM Kota Tangerang. Sampel berjumlah 100 responden. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelaku usaha UMKM Kota Tangerang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS versi 22. Penelitian ini menghasilkan baik parsial maupun simultan orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menemukan untuk meningkatkan kinerja pemasaran, pemilik usaha bertanggung jawab mencari solusi atas kendala yang terjadi, proaktif melihat peluang dengan berinovasi menciptakan produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sudah ada maupun dari konsumen yang baru, mencari ide inovasi dengan mendengarkan keinginan konsumen dan membuat produk yang mempunyai ciri khas, untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, dan meningkatkan target usaha serta memperluas pemasaran produk sehingga dapat meningkatkan laba. Implikasi penelitian ini adalah UMKM sudah harus menggunakan teknologi online yaitu marketplace, social media, dan e-commerce agar menjangkau lebih luas konsumen, berinovasi di dalam design dan corak sehingga dapat meningkatkan laba bisnis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurial Orientation; product innovation, marketing performance.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201-Program Sarjana Manajemen
Depositing User: HER Taufik pH.D
Date Deposited: 09 Jan 2023 12:49
Last Modified: 09 Jan 2023 12:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19609

Actions (login required)

View Item View Item