Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI ”RUANGRUPA” DALAM MEMBANGUN JARINGAN KOMUNITAS SENI DI LUAR NEGERI

Fazriah, Fitriani and Afrilla, Naniek and Widyastuti, Nurprapti Wahyu (2012) STRATEGI KOMUNIKASI ”RUANGRUPA” DALAM MEMBANGUN JARINGAN KOMUNITAS SENI DI LUAR NEGERI. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM - FITRIANI FAZRIAH 080410.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fitriani Fazriah, 080410. 2012. Tim Pembimbing : Naniek Afrilla F, S.Sos., M.Si. selaku dosen pembimbing pertama dan Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si. selaku dosen pembimbing kedua. Judul penelitian : Strategi komuniksi “ruangrupa” dalam membangun jaringan komunitas seni di luar negeri. “ruangrupa” hadir di tengah masih sangat minim ruang pamer yang bersifat non komersil di Jakarta, ia menjelma sebagai organisasi nirlaba yang berusaha untuk mendukung kemajuan gagasan seni dalam konteks urban dan lingkup yang lebih besar dari kebudayaan, dengan cara pameran, festival, laboratorium seni, lokakarya, penelitian, dan publikasi jurnal. Banyaknya apresiasi tidak lantas membuat “ruangrupa” mampu hidup nyaman di dalam negeri, itulah sebabnya “ruangrupa” membangun jaringan ke luar negeri agar dapat memberikan ruang gerak lebih luas kepada para seniman. Terkait dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh “ruangrupa”. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini dengan mengacu pada konsep yang dikemukan oleh Anwar Arifin adalah bagaimana analsisi khalayak, strategi pesan, strategi metode penyampain pesan serta strategi seleksi dan penggunaan media yang digunakan oleh “ruangrupa” dalam membangun jaringan komunitas seni di luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, studi documenter dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang memilki informasi tentang bagaimana “ruangrupa” dapat membangun jarigan di luar negeri, diantaranya adalah direktur “ruangrupa”, direktur laboratorium “ruangrupa” dan divisi pengembangan dan penelitian “ruangrupa”. Peneliti berhasil mendapatkan data dan informasi tentang bagaimana jaringan tersebut dapat terbentuk dan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh “ruangrupa” untuk mendapatkan hal tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi “ruangrupa” dalam membangun jaringan dilakukan melalui beberapa tahapan strategi, (1) “ruangrupa” melakukan analisis khalayak dengan berdasarkan kepada kesamaan visi, misi serta fokus kerja dari organisasi atau individu yang akan dijadikan jaringan, (2) “ruangrupa” menyusun pesan dengan menggabungkan antara teks dan gambar yang disusun secara deduktif, induktif, kronologis dan topikal, (3) “ruangrupa” menyampaikan komunikasi dengan metode informatif, pengulangan, edukasi dan persuasif, (4) “ruangrupa” melakukan seleksi terhadap beberapa media baik eletronik, cetak dan online berdasarkan pada pertimbangan kelebihan serta kekurangan setiap media, adapun media yang digunakan oleh “ruangrupa” dalam rangka membangun jaringan komunitas seni di luar negeri diantaranya adalah majalah, Koran, katalog, poster, pamflet, video, film, radio, website, twitter dan facebook.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Fitriani Fazriah, 080410. 2012. Adviser team: Naniek Afrilla F, S.Sos., M.Si. as the first adviser and Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si. as the second adviser. The title of study: "ruangrupa" communication strategies in building the network art community abroad. “ruangrupa” present in the middle there is little room for non commercial exhibition in Jakarta, he was incarnated as a nonprofit organization that seeks to support the advancement of the idea of art in the urban context and the larger scope of culture, by way of exhibitions, festivals, art laboratories, workshops, research , and the publication of journals. The amount of appreciation does not necessarily make "ruangrupa" able to live comfortably at home, that's why "ruangrupa" build a network out of the country in order to provide a wider space to the artists. In this regard, researchers interested in studying how the communication strategy by "ruangrupa". As the focus of this study with reference to the concept raised by Anwar Arifin is how analsisi audience, message strategy, strategy and message penyampain method of selection and use of media strategies used by "ruangrupa" in building the network art community abroad. This research uses descriptive method with qualitative approach. Researcher collected data by interview, observation, documentary studies, and documentation. Interviewees in this study are those who have information about how “ruangrupa” can build a network in abroad, those are the director of space-form, the director of “ruangrupa” laboratory, and research and development division of “ruangrupa”. Researcher was success to obtain data and information about how the network can be formed and how the communication strategy undertaken by “ruangrupa” to get it. The results of this research is the communication strategy "ruangrupa" in building a network is done through several stages of the strategy, (1) "ruangrupa" audience analysis is based on the similarity with the vision, mission and focus the work of the organization or individual that will be the network, (2) "ruangrupa" composing a message by combining text and images arranged in deductive, inductive, chronological and topical, (3) "ruangrupa" deliver informative method of communication, repetition, education and persuasion, (4) "ruangrupa" to undertake a selection of some both electronic media, print and online based on consideration of the advantages and disadvantages of each media, as for the media used by the "ruangrupa" in order to build a network of community arts abroad include magazines, newspapers, catalogs, posters, pamphlets, video, film, radio , website, twitter and facebook.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Feb 2013 03:11
Last Modified: 23 May 2013 06:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item