Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERANCANGAN APLIKASI TEDASPER BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKNIK DASAR SENI PERAN MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP KELAS VII

Qothrunnida, Ifa (2022) PERANCANGAN APLIKASI TEDASPER BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKNIK DASAR SENI PERAN MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP KELAS VII. [Artefact]

[img] Text
Ifa Qothrunnida_2289170024_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI)
Ifa Qothrunnida_2289170024_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Ifa Qothrunnida_2289170024_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
Ifa Qothrunnida_2289170024_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
Ifa Qothrunnida_2289170024_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Ifa Qothrunnida_2289170024_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
Ifa Qothrunnida_2289170024_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Ifa Qothrunnida_2289170024_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy

Abstract

Qothrunnida, Ifa. 2022. 2289170024. “Design of TEDASPER Apps Based on Android on Material Basic Technique of acting Art and Culture Subjects for SMP Class VII)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Learning media is one of learning component that can make learning activities more effective. The use of learning media currently growing rapidly, one of example is the use of applications as learning media, like Youtube, Tiktok, Instagram apps and others. Based on fileld data obtained through observation and interviews, in this study, researchers want to provide an innovation through the design of the TEDASPER apps based on android which is expected to be used as an alternative learning media. The purpose of this study is to determine the process of designing and testing the feasibility of android based learning media. The research method used is research and development (R&D) with the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, evaluation). The test was conducted by 2 media experts, 2 material experts and 33 respondent, based on that assessment got the result with media expert percentage level of 77,21% "very feasible" category is used, 80,63% material experts are used in the "very feasible" categor, and 91,53% users are in the "very feasible" category. The conclusion obtained from this study is that learning media made in the form of mobile applications can be used as an alternative learning media. Keywords: Learning Media, Application, Cultural Arts, Basic Technique of acting

Item Type: Artefact
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSiti Fujiawati, Fuja198803092015042002
Thesis advisorJunianti Lestari, Dwi007068902
Additional Information: Qothrunnida, Ifa. 2022. 2289170024. “Perancangan Aplikasi TEDASPER Berbasis Android pada Materi Teknik Dasar Seni Peran Mata Pelajaran Seni Budaya SMP Kelas VII)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang dapat mengefektvitaskan kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran saat ini berkembang semakin pesat, salah satu contohnya adalah penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran, seperti aplikasi Youtube, Tiktok, Instagram dan lain sebagainya. Berasarkan hasil data lapangan yang peneliti dapatkan melalui kegiatan observasi dan wawancara, pada penelitian ini peneliti ingin memberikan sebuah inovasi melalui perancangan aplikasi TEDASPER berbasis android yang diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses perancangan dan uji kelayakan media pembelajaran berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, desain, development, implementation, evaluation). Pengujian dilakukan oleh 2 ahli media, 2 ahli materi dan 33 responden, berdasarkan penilaian tersebut didapatkan hasil dengan tingkat persentase ahli media 77,21% kategori “sangat layak” digunakan, ahli materi 80.63% kategori “sangat layak” digunakan, dan pengguna 91.53% kategori “sangat layak” digunakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk aplikasi berbasis android sangat layak untuk digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Seni Budaya, Teknik Dasar Seni Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Ifa Qothrunnida Ifa Qothrunnida
Date Deposited: 24 Feb 2023 15:58
Last Modified: 24 Feb 2023 15:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item View Item