Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PROMOSI VERBAL DALAM AKUN INSTAGRAM SALON KECANTIKAN DI KOTA SERANG DAN PEMANFAATANNYA UNTUK PENGAYAAN PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII

UNSPECIFIED (2021) CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PROMOSI VERBAL DALAM AKUN INSTAGRAM SALON KECANTIKAN DI KOTA SERANG DAN PEMANFAATANNYA UNTUK PENGAYAAN PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MARINA_7771190009_01.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MARINA_7771190009_02.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MARINA_7771190009_03.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
MARINA_7771190009_05.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
MARINA_7771190009_04.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
MARINA_7771190009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PROMOSI VERBAL DALAM AKUN INSTAGRAM SALON KECANTIKAN DI KOTA SERANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
[img] Text
MARINA_7771190009_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang sering digunakan pada bahasa periklanan atau promosi di pelbagai media, baik media cetak maupun media elektronik dengan tujuan untuk mempromosikan komoditas atau jasa yang ditawarkan. Penelitian ini merupakan sebuah kajian Sosiolinguistik yang membahas mengenai campur kode Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai media promosi verbal dalam akun instagram Salon Kecantikan di kota Serang dan pemanfaatannya untuk pengayaan pemelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII yang difokuskan pada campur kode bentuk kata, frasa, dan klausa. Penelitian ini memilih instagram sebagai salah satu jejaring sosial yang setakat ini paling diminati dan diakui kepopulerannya. Sedangkan Salon Kecantikan di Kota Serang yang dijadikan objek penelitian adalah Salon Anne Beauty dan Salon Cantik yang aktif dalam mempromosikan jasanya di akun instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk campur kode kata, frasa, dan klausa Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai media promosi verbal dalam akun instagram salon kecantikan di Kota Serang dari bulan Maret-Mei 2021. Tujuan lainnya adalah untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai media promosi verbal dalam akun instagram salon kecantikan di Kota Serang dan menjelaskan implikasi dari pemanfaatan campur kode sebagai media promosi verbal untuk pengayaan pemelajaran bahasa Indonesia dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari tujuan tersebut, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu bahasa khususnya terhadap pendalaman pada kajian sosiolinguistik yang berkaitan dengan campur kode, serta dapat menghasilkan deskripsi mengenai bentuk dan penyebab campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada media promosi sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dan pedoman bagi penelitian mengenai campur kode untuk pengembangan teori-teori sosiolinguistik selanjutnya. Selain itu, implikasi dari penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan yaitu sebagai bahan ajar dalam pemelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode simak dan teknik catat sebagai teknik lanjutannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual. Data analisis menggunakan teori Jendra yang menjelaskan bentuk-bentuk campur kode. Penelitian ini menghasilkan temuan campur kode sebanyak 218 data yang diklasifikasikan ke dalam campur kode bentuk kata sebanyak 86 data dengan presentase rata-rata 39%, campur kode bentuk frasa sebanyak 122 data dengan presentase rata-rata 56%, dan campur kode bentuk klausa sebanyak 10 data dengan presentase rata-rata 5%. Penelitian ini didominasi oleh campur kode bentuk kata yaitu kata panggilan, campur kode bentuk frasa yaitu nama jenis perawatan, dan campur kode bentuk klausa yaitu acara-acar besar.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, Odin197612222002121001
Thesis advisorJuansah, Dede Erwin197707262003121001
Uncontrolled Keywords: Campur Kode Kata, Frasa, Klausa, Media Promosi, Salon Kecantikan, Pemelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2022 13:37
Last Modified: 30 Dec 2022 13:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19367

Actions (login required)

View Item View Item