Damayanti, Bella (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA SAAT PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI DI SMPT AL-QUDWAH. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_01.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_02.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_03.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_04.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_05.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Bella Damayanti_2225180058_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia mulai mengalami perubahan aktivitas belajar sejak adanya virus Covid-19. Pembelajaran tatap muka tergantikan dengan pembelajaran jarak jauh. Namun pembelajaran ini menimbulkan berbagai masalah, siswa kehilangan motivasi belajar, guru tidak dapat menggunakan platform pembelajaran dengan baik, sehingga menghambat pembelajaran dan berakhir dengan ketidakberhasilan siswa dalam belajar yang ditunjukkan dengan hasil ulangan siswa dibawah KKM. Oleh sebab itu, pemerintah membolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Tentunya pengurangan jam pembelajaran berpengaruh terhadap penyampaian materi di kelas, sehingga perlu adanya evaluasi kemampuan pemahaman konsep untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada saat pembelajaran di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, tes, wawancara dan fokus grup diskusi untuk pengumpulan data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong ke dalam kategori sedang. Siswa berkemampuan tinggi memenuhi 6 dari 7 indikator, siswa berkemampuan sedang memenuhi 4 dari 7 indikator dan siswa berkemampuan rendah memenuhi 1 dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pendidikan di Indonesia mulai mengalami perubahan aktivitas belajar sejak adanya virus Covid-19. Pembelajaran tatap muka tergantikan dengan pembelajaran jarak jauh. Namun pembelajaran ini menimbulkan berbagai masalah, siswa kehilangan motivasi belajar, guru tidak dapat menggunakan platform pembelajaran dengan baik, sehingga menghambat pembelajaran dan berakhir dengan ketidakberhasilan siswa dalam belajar yang ditunjukkan dengan hasil ulangan siswa dibawah KKM. Oleh sebab itu, pemerintah membolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Tentunya pengurangan jam pembelajaran berpengaruh terhadap penyampaian materi di kelas, sehingga perlu adanya evaluasi kemampuan pemahaman konsep untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada saat pembelajaran di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, tes, wawancara dan fokus grup diskusi untuk pengumpulan data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong ke dalam kategori sedang. Siswa berkemampuan tinggi memenuhi 6 dari 7 indikator, siswa berkemampuan sedang memenuhi 4 dari 7 indikator dan siswa berkemampuan rendah memenuhi 1 dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Bella Damayanti | |||||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2023 09:18 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2023 09:18 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19339 |
Actions (login required)
View Item |