Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PERMAINAN TRADISONAL CONGKLAKTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian kuantitatif di Kota Serang - Banten)

UNSPECIFIED (2021) PENGARUH PERMAINAN TRADISONAL CONGKLAKTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian kuantitatif di Kota Serang - Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PERMAINAN TRADISONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
RIRIN_2228160062_01.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text
RIRIN_2228160062_02.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
RIRIN_2228160062_03.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
RIRIN_2228160062_04.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
RIRIN_2228160062_05.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
RIRIN_2228160062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
RIRIN_2228160062_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang berhubungan dengan penalaran, logika dan angka-angka kemampuan berhitung adalah kemampuan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuannya, karakteristik perkembangannya dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan dirinya, sejalan dengan perkembangan kemampuan anak dapat meningkat ke tahap pengertian mengenai jumlah dengan menggunakan permainan tradisional congklak , yaitu yang berhubungan dengan jumlah dan pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan kepada guru-guru yang berada Kota Serang Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian survei dengan cara menyebar kusioner kepada sekolah yang ada di kota serang banten dan sudah menggunakan permainan tradisional congklak dengan sampel 30 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil koefisien kolerasi permainan tradisional congklak terhadap kemapuan berhitung anak usia 5-6 tahun menunjukkan angka sebesar 0.800 yang berarti memiliki pengaruh yang kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan permainan tradisional terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu19661227992032001
Thesis advisorFadlullah, Fadlullah1977712302002121003
Additional Information: The ability to count is an ability that is related to reasoning, logic and numbers. The ability to count is the ability that each child has to develop his abilities, the characteristics of his development starting from the environment closest to him, in line with the development of children's abilities can increase to the stage of understanding the number by using Congklak traditional game, which is related to the number and subtraction. This study aims to determine the effect of congklak traditional games on the numeracy skills of children aged 5-6 years. This research was conducted on teachers in Serang Banten City. The method used in this research is survey research by distributing questionnaires to schools in the city of Serang Banten and already using the traditional game Congklak with a sample of 30 teachers. The results showed that the correlation coefficient of congklak traditional games on the numeracy skills of children aged 5-6 years shows a number of 0.800 which means it has a strong influence. So it can be concluded that there is a significant effect of the use of traditional games on the numeracy skills of children aged 5-6 years
Uncontrolled Keywords: permaianan tradisional congklak, Kemampuan berhitung anak usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Dec 2022 10:31
Last Modified: 28 Dec 2022 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item View Item