Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KONTRUKSI KONSEP BARISAN ARITMATIKA DAN GEOMETRI BAGI SISWA SMA BERDASARKAN TEORI APOS

UNSPECIFIED (2021) KONTRUKSI KONSEP BARISAN ARITMATIKA DAN GEOMETRI BAGI SISWA SMA BERDASARKAN TEORI APOS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KONTRUKSI KONSEP BARISAN ARITMATIKA DAN GEOMETRI BAGI SISWA SMA BERDASARKAN TEORI APOS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
NUSRATI_2225170065_01.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
NUSRATI_2225170065_02.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
NUSRATI_2225170065_03.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
NUSRATI_2225170065_04.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
NUSRATI_2225170065_05.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kontruksi konsep matematika merupakan suatu kegiatan aktif yang dilakukan untuk memperoleh atau membangun suatu konsep dalam matematika. Penelitian ini menggunakan teori APOS sebagai kerangka berpikir karena teori ini dapat menguraikan bagaimana kegiatan mental seorang anak yang berbentuk aksi, proses, objek dan skema ketika mengkontruksi konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kontruksi konsep barisan aritmatika dan geometri bagi siswa SMA berdasarkan teori APOS. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa di SMA Citra Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan dengan pendekatan APOS Research Cycle. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini mengusulkan geneic decomposition yang memprediksi bagaimana siswa dapat mengkontruksi konsep barisan aritmatika dan geometri. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa skema bilangan, skema operasi bilangan, skema fungsi dan skema lainnya dibutuhkan untuk dapat mengkontruksi konsep barisan. Melalui pertanyaan – pertanyaan yang dibuat dalam bentuk instrumen tes dan wawancara, peneliti mengamati bahwa ketika siswa tidak memiliki kontruksi prasyarat akan menjadi sulit untuk mengembangkan skema barisan yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSamsuri, Samsuri198005072008121003
Thesis advisorPamangkus, Aan Subhan428018701
Additional Information: The construction of mathematical concepts is an active activity carried out to obtain or build a concept in mathematics. This study uses the APOS theory as a framework because this theory can describe how a child's mental activities are in the form of actions, processes, objects and schemas when constructing mathematical concepts. The purpose of this study was to describe the construction of arithmetic and geometric sequence concepts for high school students based on APOS theory. The subjects in this study were 6 students at SMA Citra Islami. The research method used is a case study method with the APOS Research Cycle approach. The data analysis technique was carried out qualitatively through 3 stages, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In this study, we propose a geneic decomposition that predicts how students can construct the concepts of arithmetic and geometric sequences. The results of this study provide evidence that number schemes, number operation schemes, function schemes and other schemes are needed to be able to construct the concept of sequences. Through questions made in the form of test and interview instruments, the researcher observed that when students did not have prerequisite constructs it would be difficult to develop a sequence scheme that was strong enough.
Uncontrolled Keywords: construction of mathematical concepts, apos theory, mental mechanisms, mental structures. kontruksi konsep matematika, teori apos, mekanisme mental, struktur mental.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Dec 2022 09:18
Last Modified: 28 Dec 2022 09:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19134

Actions (login required)

View Item View Item