Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA

Pratiwi, Rahmawati Dian and Fathurrohman, Maman and Santosa, Cecep Anwar Hadi Firdos and PUJIASTUTI, HENI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 15 (2). pp. 153-168. ISSN 2528-628X

[img] Text (Artikel)
Des_GBMF_JPPM.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Peer Review)
Des_GBMF_JPPM-rev.pdf

Download (957kB)
[img] Text (Cek Plagiarism)
Des_GBMF_JPPM-cek-plag.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemahaman konsep yang ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX LKP Mutiara Hitung-Jayanti tahun ajaran 2021/2022. Tahapan dari penelitian ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep, tes kemampuan awal matematis, dan wawancara. Wawancara digunakan untuk menggali informasi lebih mendalam mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapat sebanyak 4 (44,44%) siswa termasuk kategori kemampuan awal matematis tinggi, 2 (22,22%) siswa termasuk kategori kemampuan awal matematis sedang, dan 3 (33,33%) siswa termasuk kategori kemampuan awal matematis rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut 1) Siswa dengan kemampuan awal tinggi secara keseluruhan memiliki kemampuan pemahaman konsep yang sangat baik hampir di semua indikator, 2) siswa dengan kemampuan awal sedang secara keseluruhan memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik kecuali dalam indikator menyajikan konsep dalam representasi matematis, mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah masih kurang, dan 3) siswa dengan kemampuan awal rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep masih kurang dalam indikator memberikan contoh dan bukan contoh suatu konsep, menyajikan konsep dalam representasi matematis, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Dari semua tingkatan kemampuan awal, siswa masih lemah dalam indikator menyatakan ulang sebuah konsep.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorFathurrohman, MamanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Maman Fathurrohman
Date Deposited: 21 Dec 2022 19:34
Last Modified: 21 Dec 2022 19:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18813

Actions (login required)

View Item View Item