Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BARUDA MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP

Fitriani, Ria Nur and Fathurrohman, Maman and Rafianti, Isna (2022) PENGEMBANGAN BARUDA MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3 (4). pp. 182-187. ISSN 2774-9304

[img] Text (Artikel)
Des_GBMF_Wilangan2.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Peer Review)
Des_GBMF_Wilangan2-rev.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Cek Plagiarism)
Des_GBMF_Wilangan2-cek-plag.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui penilaian dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap baruda menggunakan kodular untuk pembelajaran dengan pendekatan problem solving pada materi bangun ruang sisi datar SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan Tessmer. Instrumen yang digunakan berupa skala likert dengan lima pilihan yang digunakan untuk mengetahui kevalidan serta respon siswa dan guru. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari ahli media, ahli pendidikan, guru matematika dan siswa. Hasil penelitian ini berupa : 1) Pengembangan baruda menggunakan kodular untuk pembelajaran dengan pendekatan problem solving pada materi bangun ruang sisi datar SMP. 2) Penilaian Kevalidan aplikasi baruda memperoleh persentase 77% dari ahli media dan 84% dari ahli pendidikan sehingga baruda dalam kriteria cukup valid. 3) Penilaian respon guru matematika memperoleh persentase 90% atau sangat baik. Sedangkan respon siswa pada tahap one-to-one memperoleh 87% serta pada tahap small group dan field test memperoleh 84% atau sangat baik.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorFathurrohman, MamanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Maman Fathurrohman
Date Deposited: 21 Dec 2022 19:13
Last Modified: 21 Dec 2022 19:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18808

Actions (login required)

View Item View Item