Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN MATERIEL PADA JASA EKSPEDISI DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus PT. JNE Cabang Pandeglang)

Siddik, Rifqy Afrizal (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN MATERIEL PADA JASA EKSPEDISI DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus PT. JNE Cabang Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
RIFQY_1111170364_01.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RIFQY_1111170364_02.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text
RIFQY_1111170364_03.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RIFQY_1111170364_04.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
RIFQY_1111170364_05.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
RIFQY_1111170364_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text
RIFQY_1111170364_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN MATERIEL PADA JASA EKSPEDISI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perlindungan terhadap konsumen dipandang secara material maupun formal makin terasa sangat penting. Perlindungan konsumen merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan bisnis yang sehat. Dalam kegiatan bisnis yang sehat terdapat keseimbangan perlindungan hukum antara konsumen dengan produsen. Indonesia telah memiliki beberapa peraturan perundang-undangan yang melindungi konsumenPeraturan perundang-undangan yang melindungi konsumen antara lain UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam Pasal 1 angka 1 disebutkan bahwa: “Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen”. Konsumen jasa ekspedisi JNE yang bernama Eti yang beralamat di Kp. Maja Timur RT.02/RW 01 Kecamatan Majasari Kelurahan Sukaratu Kabupaten Pandeglang mengalami kerugian materiel berupa kerusakan barang pesanannya yang ia terima dari kurir JNE Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian materiel menurut UUPK? dan bagaimana pertanggungjawaban PT. JNE Cabang Pandeglang terhadap konsumen yang mengalami kerugian materiel. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian metode pendekatan kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang ditunjang dengan data primer berupa wawancara dengan pelaku usaha yaitu PT. JNE Cabang Pandeglang dan juga konsumen, yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan Pasal 4 huruf (h) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, menjelaskan bahwa konsumen berhak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau pergantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Pertanggungjawaban PT. JNE Cabang Pandeglang terhadap salah satu konsumennya belum dilaksanakan dengan baik dan tidak sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Sehingga konsumen tersebut tidak mendapatkan kompensasi/ganti rugi atas barang yang rusak akibat kelalaian kurir serta adanya miskonsepsi antara pihak internal JNE Cabang Pandeglang, sehingga berdampak pada proses pemberian kompensasi kepada konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPrihartono, Agus197904192002121002
Thesis advisorGunawati, Anne197304202010122001
Additional Information: Protection of consumers is seen both materially and formally increasingly feels very important. Consumer protection is an integral part of sound business activities. In a healthy business activity there is a balance of legal protection between consumers and producers. Indonesia already has several laws and regulations that protect consumers. Laws that protect consumers include Law no. 8 of 1999 concerning Consumer Protection. In Article 1 point 1 it is stated that: "Consumer Protection is all efforts that guarantee legal certainty to provide protection to consumers". JNE expedition service consumer named Eti whose address is Kp. Maja Timur RT.02/RW 01, Majasari Subdistrict, Sukaratu Village, Pandeglang Regency, suffered material losses in the form of damage to the goods ordered by the JNE Pandeglang courier. This study aims to find out how the legal protection for consumers who experience material losses according to UUPK? and how is the responsibility of PT. JNE Pandeglang Branch to consumers who suffered material losses. This study uses a normative juridical method with a case approach research specification. The data used in this study is secondary data which is supported by primary data in the form of interviews with business actors, namely PT. JNE Pandeglang Branch and also consumers, which were analyzed descriptively qualitatively. The results show that based on Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection, it explains that consumers have the right to get compensation, compensation and/or replacement, if the goods and/or services received are not in accordance with the agreement or not as it should be. Responsibility of PT. JNE Pandeglang Branch against one of its consumers has not been implemented properly and is not in accordance with the mandate of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection. So that the consumer does not get compensation/compensation for damaged goods due to the negligence of the courier and there is a misconception between the internal parties of JNE Pandeglang Branch, so that it has an impact on the process of providing compensation to consumers
Uncontrolled Keywords: Consumer Protection, Material Loss, Expedition Service Perlindungan Konsumen, Kerugian Materiel, Jasa Ekspedisi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Dec 2022 10:28
Last Modified: 20 Dec 2022 10:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item View Item