Meillinia, Aisha (2022) PENGGUNAAN MEDIA KOTAK SUKA-SUKA DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA MAKHLUK HIDUP PADA SISWA TUNAGRAHITA SMPLB KELAS VIII DI SKH BINA CITRA ANAK (Studi Eksperimen dengan Design One Group Pretest Post Test terhadap siswa tunagrahita di SKh Bina Citra Anak). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AISHA MEILLINIA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
AISHA MEILLINIA_2287180009_01.pdf Download (708kB) |
|
Text
AISHA MEILLINIA_2287180009_02.pdf Download (580kB) |
|
Text
AISHA MEILLINIA_2287180009_03.pdf Download (321kB) |
|
Text
AISHA MEILLINIA_2287180009_04.pdf Download (410kB) |
|
Text
AISHA MEILLINIA_2287180009_05.pdf Download (9kB) |
|
Text
AISHA MEILLINIA_2287180009_Lamp.pdf Download (3MB) |
|
Text
AISHA MEILLINIA_2287180009_REF.pdf Download (192kB) |
|
Text
Aisha Meillinia_2287180009_CP.pdf Download (339kB) |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi dari permasalahan yang ada di lapangan yakni di SKh Bina Citra Anak yaitu pada siswa tunagrahita. Sebelum dilakukan penelitian peneliti melakukan observasi atau pengamatan terlebih dahulu pada sekolah untuk mengetahui permasalahn dan kebutuhan yang diperlukan oleh sekolah. Adapun peneliti menemukan permasalahan yakni beberapa siswa yang kurang semangat dalam pembelajaran, guru yang menerapakan sistem pembelajan yang cukup membosan bagi siswa, serta belum memadainya bahan dan alat ajar yang dimiliki oleh sekolah. Kemudian sistem pembelajaran temtik yang diterapkan pada siswa belummaksimal diterapkan sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajran yang diinginkan. Oleh karena ini peneliti membuat sebuah media pemebelajaran yang menrik agar siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam melakukan pembelajran tematik. Media kotak suka-suka ini sebuah media pembelajaran tematik dengan tema makhluk hidup yang bertujuan agar anak dapat mengenal nama hewan, buah dan sayuran baik secara konkret maupun abstrak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan menggunakan design one group pretest posttest denga menggunakan uji Wilcoxon dengan subjek penelitian yaitu siswa tunagrahita tingkat SMPLB sejumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dan teknik analisis data nyamenggunakan statistik deskriptif yang dtuangkan kedalam grafik. Dari hasil penelitian ini nilai menunjukan bahwa media kotak suka-suka ini mampu meningkatkan pengetahuan pembelajran tematik dengan tema makhluk hidup pada siswa tunagrhaita SMPLB. Hal ini dibuktikan dari hasil pada pretest dan postets yang dilakukan menunjukan hasil yang signifikan. Kata Kunci : pembelajaran tematik, media pembelajaran, siswa tunagrahita.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilator belakangi dari permasalahan yang ada di lapangan yakni di SKh Bina Citra Anak yaitu pada siswa tunagrahita. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti melakukan observasi terlebih dahulu pada sekolah untuk mengetahui permasalahn dan solusi yang diperlukan oleh sekolah. Adapun peneliti menemukan permasalahan yakni beberapa siswa yang kurang semangat dalam pembelajaran, guru yang menerapakan sistem pembelajan yang cukup membosan bagi siswa, serta belum memadainya bahan dan alat ajar yang dimiliki oleh sekolah. Kemudian sistem pembelajaran temtik yang diterapkan pada siswa belummaksimal diterapkan sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajran yang diinginkan. Oleh karena ini peneliti membuat sebuah media pemebelajaran yang menrik agar siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam melakukan pembelajran tematik. Media kotak suka-suka ini sebuah media pembelajaran tematik dengan tema makhluk hidup yang bertujuan agar anak dapat mengenal nama hewan, buah dan sayuran baik secara konkret maupun abstrak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan menggunakan design one group pretest posttest denga menggunakan uji Wilcoxon dengan subjek penelitian yaitu siswa tunagrahita tingkat SMPLB sejumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Serta, teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan ke dalam grafik. Dari hasil penelitian ini nilai menunjukan bahwa media kotak suka-suka ini mampu meningkatkan pengetahuan pembelajran tematik dengan tema makhluk hidup pada siswa tunagrhaita SMPLB. Hal ini dibuktikan dari hasil pada pretest dan postets yang dilakukan menunjukan hasil yang signifikan. Kata Kunci : pembelajaran tematik, media pembelajaran, siswa tunagrahita. | |||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Aisha Meillinia | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2023 10:37 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2023 10:37 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18529 |
Actions (login required)
View Item |